Dialami oleh Seseorang

Kaki sering Kesemutan, Inilah 7 Penyebabnnya

Ilustrasi kaki kesemutan

(KIBLATRIAU.COM)-- Kaki kesemutan merupakan sebuah hal yang bisa dialami oleh seseorang akibat sejumlah penyebab. Masalah ini biasanya terjadi karena posisi kaki yang tidak tepat ketika duduk.Bekerja di rumah biasanya membuat kita tidak hanya duduk di kursi saja namun kadang juga bersila di lantai. Kondisi ini tidak ideal dan bisa menyebabkan masalah berupa kaki kesemutan. Terjadinya kaki kesemutan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Kesemutan yang terjadi ini juga tak jarang menyebabkan mati rasa yang membuat kamu kesulitan berjalan untuk sementara waktu.

Kaki kesemutan ini biasanya disebabkan karena gangguan saraf di bagian yang mentranmisikan gerakan dengan info sensoris ke seluruh tubuh. Adanya masalah pada bagian ini bisa berujung pada terjadinya masalah berupa kaki kesemutan ini. Secara umum, kesemutan ini merupakan hal normal yang bisa dialami oleh siapa saja. Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah penyebab terjadinya masalah berupa kaki kesemutan ini.

Sepatu yang Terlalu Ketat
Penggunaan sepatu yang terlalu ketat bisa menjadi penyebab terjadinya masalah berupa kesemutan pada kaki ini. Hal ini biasanya lebih rentan terjadi pada penggunaan sepatu kerja.''Sepatu kerja cenderung lebih ketat sehingga menekan kaki yang selanjutnya juga menekan saraf," terang Ettore Vulcano, M.D., kepala bagian operasi kaki dan sendi di Mount Sinai West, New york City.Tekanan pada saraf ini bisa menyebabkan munculnya kesemutan dan mati rasa. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu ketat atau kamu juga bisa melonggarkan tali sepatu terutama di bagian paling atas.

Bunion
Benjolan tulang di dekat jempol kaki atau bunion bisa menyebabkan terjadinya masalah ini juga. Ketika terjadi bunion, saraf di kaki mengalami tekanan sehingga terjadinya hal ini. Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan terjadinya kesemutan di kaki. Kondisi kesemutan akibat bunion bakal semakin parah terutama ketika menggunakan sepatu yang tidak tepat. Masalah kesemutan ini bisa diselesaikan dengan cara melakukan operasi bunion atau menggunakan alas kaki yang tidak menekan langsung ke bagian tersebut.

Hernia
Bagi seseorang yang kerap mengangkat beban berat, ketika rasa kesemutan muncul di kaki saat mengangkat beban. Hal ini juga bisa disebabkan oleh masalah hernia. Ketika masalah ini terjadi saraf yang menghubungkan kaki dengan tulang punggung mengalami masalah sehingga sering muncul rasa kesemutan.

Jika hal ini merupakan penyebab terjadinya kesemutan di kaki, kamu mungkin juga mengalami rasa sait di pungung bagian bawah yang disertai kondisi lemah di kaki, sendi, serta telapak kaki. Pindaian menggunakan x-ray atau MRI bisa mengetahui terjadinya masalah ini.

saraf
Kesemutan dan bahkan rasa sakit pada satu atau dua jari kaki bisa disebabkan oleh neuroma atau iritasi saraf. Hal ini bisa menyebabkan rasa mengganjal di kaki.Terjadinya kondisi ini menyebabkan masalah ketika berjalan yang terasa seperti adanya bantalan. Hal ini bisa disebabkan oleh olahraga dengan tekanan tinggi atau penggunaan sepatu yang terlalu ketat.Masalah ini perlu diselesaikan dan diatasi secepat mungkin. Ketika masalah yang terjadi ini sudah terlalu parah, kamu harus melakukan operasi untuk mengatasinya.


Cedera Saraf

Neuropati atau masalah saraf kronis merupakan komplikasi umum yang disebabkan oleh masalah kesehatan seperti kecanduan alkohol atau penanganan kesehatan seperti kemoterapi. Masalah saraf ini juga bisa menjadi biang kerok munculnya masalah kaki kesemutan.Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter saraf untuk mengatasi masalah ini. Kondisi neuropati ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah pada kulit.Perlu penanganan serius untuk mencegah dan mengatasi masalah saraf ini. Terutama karena ketika dibiarkan, bisa saja kesemutan ini menjalar ke bagian tubuh lain.


Sindrom Lorong Tarsal

Sindrom lorong tarsal serupa seperti sindrom lorong karpal hanya saja terjadi di kaki. Ketika masalah ini terjadi, lorong tarsal, ruang di kaki dalam sendi mengalami tekanan.Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit di sendi dan tumit serta munculnya kesemutan di kaki.Masalah ini tak umum terjadi dan bisa disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak tepat, trauma, serta bengkak di tubuh bagian bawah. Penyangga pada persendian serta pada betis bisa sangat membantu masalah ini dan mencegah munculnya kesemutan di kaki.


Diabetes
Gula darah tinggi yang kronis bisa menyebabkan masalah saraf dan menyebabkan kaki kesemutan. Terjadinya kesemutan di kaki dan telapak kaki sdikenal dengan nama neuropati periferal.Diketahui bahwa gejala ini dialami seidaknya oleh setengah orang yang mengalami diabetes. Ketika rasa kesemutan ini disertai dengan kelelahan luar biasa, haus, dan sering buang air kecil, maka sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah ada diabetes dalam dirimu.Sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya masalah kaki kesemutan. Ketika kondisi kesemutan yang terjadi ini cukup intens dan sering, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar