Peserta Sangat Antusias

Dosen Teknik Informatika Fasilkom Unilak Laksanakan Pengabdian di SMAN 4 Tualang

Para peserta yang membuat website ikut pelatihan

PEKANBARU---(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam rangka melaksanakan fungsi Tridharma perguruan tinggi, dosen Program Studi (Prodi) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Lancang Kuning (Unilak) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Tualang, Kabupaten Siak.Tim pengabdian yang terdiridari DafwenToresa, M. Kom, MTA sebagai ketua dengan tim anggota terdiri dari Taslim, M. KOm, MTA, Susi Handayani, S.E., M.Kom, Ak, MTA dan Musfawati, M. M.memberikan pelatihan kepada siswa SMAN 4 Tualang dengan materi Pembuatan website dan dasar jaringan komputer.  


Kegiatan itu dilaksanakan di labor Komputer SMAN 4 Tualang selama 2 hari yaitu Kamis dan Jumat tanggal 16-17 Desember 2021 lalu.Pelatihan yang diberikan dengan target siswa bisa membuat website sederhana yang bisa diakses dalam jaringan Local Area Newtork (LAN) dengan hasil konsep mini Internet. Pada materi pembuatan website siswa antusias membuat website pribadi dengan tampilan yang bagus. Pada materi jaringan komputer siswa sangat antusias membuat Kabel LAN dengan menyusun kabel UTP dengan model kabel straight untuk jaringan LAN yang menggunakan switch, menggunakan alat Cable LAN tester untukmengujihasilkabel LAN yang mereka buat dan melakukan seting IP addres pada komputer.


 Pada akhirnya website yang sudah dibuat kemudian dihubungkan dengan kabel dan switch dan di akses dari komputer lain. Siswa yang ikut pelatihan ini sangat senang sekali dan meminta untuk diberikan pelatihan berikutnya dengan lanjutan mater ipembuatan website dan jaringan  komputer.Kepala SMA Negeri 4 Tualang Yeni Marlina, M. Pd pada pembukaan pelatihan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim pengabdian masyarakat dan prodiTeknikInformatika Fasilkom Unilak telah dipilihnya SMAN 4 Tualang sebaga mitra, apalagi materi pelatihan yang diberikan kepada siswa adalah materi yang tidak ada pada kurikulum SMA, kepala sekolah berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan di waktu yang akan datang dengan materi yang berbeda. 

Intan Sabrina Saragih, peserta pelatihan mengatakan berharap ada lagi pelatihan seperti ini dari Fasilkom Unilak dengan materia ini masi dan bagaimana menjadi youtuber. Pada media ini, ketua tim pengabdian DafwenToresa, M .Kom, MTA mengucapkan puji syukur melihat antusias siswa yang diberi pelatihan dan malah meminta pelatihan berikutnya dengan materi sedang trend bag anak milenial yaitu multimedia dan bagaimana menjadi youtuber dan peserta diberikan sertifikat pelatihan dari Tim Pengabdian, menyampaikan juga ucapan terimakasih atas kesediaan SMAN 4 Tualang dan Kepala sekolah atas kesediaan menjadi mitra. **
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar