Akibat Hujan Lebat

45 Rumah di Jember Terendam Banjir

Ilustrasi banjir

JATIM--(KIBLATRIAU.COM)-- Sebanyak 45 rumah warga di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, terendam banjir, pada Senin (17/1). Banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut pada pukul 18.00 WIB. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mencatat 45 rumah yang terendam banjir terletak di tiga desa. Rinciannya, Kelurahan Jember Kidul di Kecamatan Kaliwates, Kelurahan Jember Lor di Kecamatan Patrang, dan Desa Klungkung di Kecamatan Sukorambi.

“45 KK terdampak dan warga yang mengungsi sementara masih didata,” katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (18/1).Selain populasi terdampak, satu jembatan terdampak imbas banjir tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember belum mengkonfirmasi tingkat kerusakan jembatan penghubung antardesa ini.BPBD bersama unsur TNI, Polri, serta aparat desa dan kecamatan membantu warga yang evakuasi ke tempat aman. Tidak ada laporan korban jiwa atau pun luka-luka akibat kejadian banjir.

Berdasarkan prakiraan cuaca, tiga kecamatan terdampak banjir ini masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang hingga hujan petir pada hari ini hingga esok (19/1).Sementara itu, peringatan dini cuaca wilayah Jawa Timur pada hari ini Selasa (18/1), berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat serta angin kencang.

Pada kajian inaRISK, BNPB mengidentifikasi sebanyak 31 kecamatan memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Tiga kecamatan yang saat ini terdampak termasuk pada wilayah dengan potensi bahaya tersebut.Abdul meminta Pemerintah Daerah Jember dan masyarakat perlu mewaspadai potensi bahaya lain, yaitu gerakan tanah. Analisis Gerakan Tanah dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan pada Januari 2022 ini sejumlah wilayah berpotensi bahaya banjir.Sedangkan tujuh kecamatan berpotensi banjir bandang, seperti di wilayah Kecamatan Bangsalsari, Ledokombo, Mayang, Panti, Rambupuji, Silo dan Sumberjambe.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar