Hasil BRI Liga 1

Bekuk Persebaya 2-1, Bhayangkara FC ke Puncak Klasemen

Pemain Persebaya saat duel dengan pemain Bhayangkara

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Bhayangkara FC kembali menduduki posisi puncak klasemen BRI Liga 1 2021/2022. Mereka mendapatkan kembali posisi itu setelah menang 2-1 atas Persebaya Surabaya dalam pekan ke-20 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Selasa (18/1/2022) malam.Tidak butuh waktu lama bagi Persebaya Surabaya untuk menebar ancaman. Belum dua menit laga berjalan, Samsul Arif sudah dua kali melepas tembakan. Satu sundulannya melenceng, sedangkan satu lagi tembakan mendatar yang diamankan kiper Awan Setho.

Selama 10 menit pertama, Persebaya tampil mendominasi, tapi kemudian berlaku sebaliknya. Bhayangkara mengendalikan permainan dan memberi banyak ancaman. Seperti tendangan bebas jauh yang dieksekusi oleh Evan Dimas di menit ke-13, yang sayangnya tidak menemui sasaran.Kans Bhayangkara untuk unggul dulu juga muncul di menit ke-17. Mulanya, Andik Vermansah melepas tendangan bebas yang mampu diblok kiper Andhika Ramadhani. Bola muntah disambar oleh Hansamu Yama yang sayangnya tidak mengarah ke gawang.

Striker Ezechiel N’Douassel tidak ketinggalan mencoba merepotkan pertahanan Persebaya di menit ke-19. Dia mendapat umpan dari Melvin Platje sebelum melepas tembakan di dalam kotak penalti lawan. Andhika juga masih mampu membloknya.Samsul Arif kembali membahayakan pertahanan Bhayangkara memasuki menit ke-21. Memanfaatkan umpan dari Bruno Moreira, tembakannya mengarah ke gawang, tapi Awan Setho masih sigap mengamankannya.

Jual beli serangan masih terus terjadi dengan permainan agresif kedua tim. Tapi, Bhayangkara yang kembali membukukan peluang. Andik menjadi eksekutor tendangan bebas lagi yang mampu mengarahkan bola pada Anderson Salles di menit ke-44. Sayang, sundulannya melambung.Gol yang dinantikan akhirnya muncul di injury time. Itu merupakan buah kesalahan Ezechiel yang mengirim backpass kepada Sani Rizki. Secara mengejutkan, Taisei Marukawa mencuri bola, melakukan dribel hingga kotak penalti dan merobek gawang Awan Setho.Keunggulan Persebaya Surabaya bertahan sampai babak pertama berakhir. Kedudukan 1-0 untuk Bajul Ijo menghiasi waktu turun minum.

Paruh kedua dimulai dengan kedua tim yang sama-sama ingin mengambil alih permainan. Sayang, tak ada ancaman sampai 15 menit pertama. Bola banyak berkutat di lini tengah dengan situasi serangan masing-masing tim mudah dipatahkan sebelum melahirkan tembakan.Peluang pertama baru lahir di menit ke-60 untuk Persebaya. Itu berawal dari Marukawa yang mengirim umpan silang yang mengarah kepada Arsenio Valpoort. Bola kemudian diterima Ady Setiawan dan diteruskan dengan tendangan voli. Sayang, sepakannya ditepis Awan Setho.

Bhayangkara tidak ketinggalan dengan mencoba mencetak gol balasan. Di menit ke-67, peluang emas dimiliki oleh Adam Alis setelah menerima umpan dari Wahyu Subo Seto. Sepakannya juga tepat sasaran, tapi diamankan Andhika.The Guardian akhirnya mencetak gol balasan di menit ke-72. Ini berkat umpan lambung yang dikirim oleh Sani Rizki bola sempat berbelok mengenai sundulan Ezechiel. Melvin Platje kemudian mendorongnya dan sukses mengecoh Andhika.

Persebaya tidak menyerah dan berusaha kembali unggul. Memasuki menit ke-80, Marukawa hampir menggandakan keunggulan setelah memanfaatkan umpan dari Marselino. Sayang, kali ini tembakannya tidak menemui sasaran.Bhayangkara masih menjadi tim yang berbalik unggul lewat gol di menit ke-86. Itu berkat Anderson Salles yang mengirim umpan silang ke kotak penalti Persebaya. Bola sempat berusaha dihalau Andhika, tapi Ezechiel N’Douassel lebih dulu melakukan sundulan yang menghasilkan gol.

Di jung laga, Ricky Kambuaya menerima kartu merah langsung. Penyebabnya, pemain asal Papua itu melakukan pelanggaran terhadap Awan Setho saat dalam situasi perebutan bola.Tak ada gol lagi yang tercipta sampai wasit meniup peluit panjang. Kemenangan 2-1 membuat Bhayangkara berada menduduki singgasana klasemen dengan koleksi 43 gol dari 20 pertandingan.Sedangkan Persebaya harus puas turun peringkat dengan mengunci posisi keempat BRI Liga 1 2021/2022. Kekalahan ini membuat mereka masih mengoleksi 39 poin dan menghentikan catatan tak terkalahkan. Selain itu, Persebaya gagal balas karena di putaran pertama lalu kalah 0-1 dari Bhayangkara.(Net/Hen)

 
Susunan Pemain:

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho Raharjo (kiper); Sani Rizki, Hansamu Yama, Anderson Salles, Ruben Sanadi (belakang); Lee Yujun, Evan Dimas, TM Ichsan (tengah); Andik Vermansah, Ezechiel N’Douassel, Melvin Platje (depan)

Pelatih: Paul Munster
Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Arif Satria, Rizky Ridho, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan) 

Pelatih: Aji Santoso


Berita Lainnya...

Tulis Komentar