Ini Penjelasan BMKG 

Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Lombok Barat hingga Terasa ke Bali

Ilustrasi gempa

NTB--(KIBLATRIAU.COM)-- Gempa tektonik bermagnitudo 4,6 mengguncang wilayah Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa (25/1) pukul 04.14.14 WIB. Pusat gempa berada di darat 10 kilometer Tenggara Lombok Barat. Situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dirasakan warga bervariasi di Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Timur. Lindu juga dirasakan hingga Bali seperti Denpasar, Badung, Karangasem, Padangbai dan Gianyar. Belum ada keterangan dampak gempa ini.

Stasiun Geofisika Mataram melaporkan gempa tektonik dirasakan di wilayah Bali dan Lombok pada pukul 05.14.14 WITA. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.Demikian dikutip dari Twitter @stageof_mataram.BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran yang membayakan kestabilan bangunan.

Sebelumnya gempa bermagnitudo 4,6 mengguncang wilayah Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa (25/1). Situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pukul 04.14.14 WIB. Lokasi gempa berada di 8,78 lintang slatan dan 116,14 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di darat 10 kilometer Tenggara Lombok Barat.

Gempa dirasakan di Mataram, Lombok Barat dengan skala IV MMI. Artinya lindu dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.Gempa juga dirasakan hingga Denpasar, Badung, Karangasem, Padangbai, Gianyar, Bali. Serta Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, dengan skala III MMI. Artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar