Persebaya Vs PSS

Sedang Pincang

Pemain Persebaya

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Persebaya Surabaya menghadapi tantangan yang tidak mudah di pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/2022. Mereka dijadwalkan berjumpa dengan PSS Sleman di Stadion I Gusti Ngurah Rai,
Denpasar, Sabtu (29/1/2022) malam.Skuat Bajul Ijo dalam kondisi yang tidak lengkap karena lima pemain harus membela Timnas Indonesia. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ricky
Kambuaya, dan Marselino Ferdinan.

Absennya tiga nama terakhir menyisakan lubang besar dalam skuat inti Persebaya. Sebab, Rian, Kambuaya, dan Marselino adalah trio gelandang andalan. Kekuatan Persebaya tentu saja tergerus dengan kondisi ini.Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memastikan timnya akan tetap tampil optimal untuk memetik tiga poin pada lanjutan BRI Liga 1 2021/2022. Situasi seperti sudah pernah dialaminya berulang kali dan terbukti tim asal Kota Pahlawan itu tetap mampu memetik angka.

“Sudah kami siapkan komposisi pemain sebagai pengganti Marselino sama Kambuaya. Hanya saja kami akan melihat kondisi terakhir pemain sampai besok siang sebelum meeting,” kata Aji dalam jumpa pers jelang laga, Jumat (28/1/2022).“Tapi yang jelas alternatif-alternatif itu sudah saya siapkan mulai latihan di Surabaya sebelum berangkat ke Bali juga sudah kami siapkan. Kami hanya mengulangi komposisi yang akan kami turunkan di pertandingan besok malam,” imbuhnya.

Kondisi ini sebenarnya kurang mendukung Persebaya yang sedang dalam ambisi bangkit. Mereka kalah 1-2 dari Bhayangkara FC pada pekan lalu (18/1/2022). Itu merupakan hasil negatif pertama mereka setelah sebelumnya tidak pernah kalah dalam 13 laga beruntun.

Namun, duel antara Persebaya kontra PSS Sleman ini tetap menunjukkan perbedaan kualitas tim jika menilik klasemen. Kini Persebaya menghuni peringkat keempat klasemen sementara dengan 39 poin dari 20 pertandingan di bawah Arema FC, Bhayangkara FC, dan Persib Bandung.

 
Sedangkan PSS Sleman berada di peringkat ke-10 klasemen sementara dengan perolehan 25 poin dari 20 pertandingan. Jika gagal menang, sudah ada beberapa klub yang siap menyalip posisi mereka mengingat jarak poin tim papan tengah cukup rapat.Kendati demikian, Aji Santoso memilih mengirim pujian kepada arsitek tim PSS Sleman, Putu Gede.  Aji berpendapat bahwa Putu Gede telah banyak membawa perubahan positif untuk PSS Sleman.Itu terlihat pada performa Super Elja dalam tiga laga putaran kedua, saat Putu Gede sudah didapuk sebagai pelatih baru. Hasilnya, PSS Sleman memetik masing-masing satu menang, seri, dan imbang. “Tentunya pasti setiap perubahan pelatih berubah juga cara bermain, berubah juga yang lain-lain. Saya lihat juga dengan adanya coach Putu ini, mungkin mereka lebih segar. Gaya permainannya ada sedikit perbedaan dengan
pelatih sebelumnya. Itu yang harus kami antisipasi,” ucapnya.Putu Gede sendiri baru resmi dikenalkan sebagai pelatih anyar PSS pada 20 Desember 2021, menggantikan tugas Dejan Antonic. Dia diharapkan bisa mengerek posisi PSS yang selama putaran pertama terjebak di papan bawah dan tengah.Dalam tiga pertandingan, Putu Gede perlahan mengangkat performa timnya. Dia berhasil mengawalinya dengan memetik kemenangan 4-1 atas Persiraja Banda Aceh (7/1/2022). Tapi, jangan lupa duel melawan tim juru kunci.Sisanya berakhir dengan kekalahan 0-2 dari Arema FC (13/1/2022) dan bermain imbang 1-1 kontra Madura United (17/1/2022). Artinya, BagusNirwanto dkk. masih menyimpan ambisi untuk terus meraup poin.

 
Secara terpisah, Putu Gede memilih merendah harus berjumpa dengan Aji yang kini menangani Persebaya. Dia menilai sosok Aji Santoso merupakan pelatih yang berpengalaman dan banyak memberikan inspirasi kepadanya. “Coach Aji salah satu inspirasi saya sebagai pelatih. Saya sempat diskusi juga dengan beliau dan saya pikir dia adalah salah satu pelatih terbaik di Indonesia. Dari cara bermain, visinya juga ada beberapa yang juga saya adopsi,” ujar pelatih kelahiran Denpasar itu.

Tidak berlebihan jika Putu memuji balik Aji. Sebab, Persebaya terbukti mampu bersaing di papan atas. Kualitas materi pemain Bajul Ijo juga sudah tidak diragukan dengan keberadaan sejumlah pemain andalan macam Taisei Marukawa hingga Alie Sesay.“Tim Persebaya dengan pemain asing yang ada sangat mendukung secara taktikal. Ini salah satu tim yang favorit jadi juara. Tim ini memiliki kolektivitas, cara bermainnya sangat mendominasi di setiap pertandingan.

Ini salah satu kandidat juara musim ini,” ungkapnya.Putu Gede tidak akan terkecoh dengan absennya lima pemain Persebaya. Dia akan tetap menaruh kewaspadaan melihat tim lawan pincang. Meski begitu, pelatih berusia 48 tahun itu tetap bertekad mendulang poin di laga ini.“Meskipun beberapa pemain mereka dipanggil timnas, tak jadi masalah bagi Coach Aji. Karena Persebaya sangat kuat, dan beberapa pemain yang ada ini juga perlu kami waspadai. Kami tetap harus mendapat poin.(Net/Hen)

 Prakiraan Susunan Pemain


Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Bruno Moreira (tengah); Taisei Marukawa, Arsenio Valpoort, Samsul Arif
(depan)
Pelatih: Aji Santoso

PSS Sleman (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Bagus Nirwanto, Aaron Evans, Asyraq Gufron, Syaiful Ramadhan (belakang); Kim Kurniawan, Juninho, Kanu Helmiawan (tengah); Ramdani Lestaluhu, Wander Luiz, Irkham Mila
(depan)

Pelatih: Putu Gede

Prediksi Bola.com: 55-45

Live Indosiar

Sabtu, 29 Januari 2022

Pukul 18.15 WIB


Berita Lainnya...

Tulis Komentar