Hasil BRI Liga 1

Dramatis, 10 Pemain Persija Buyarkan Kemenangan Persebaya

Duel Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta di pekan ke-25 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (14/02/2022) malam WIB.


Bola.net - (KIBLATRIAU.COM)--Persebaya Surabaya dipaksa bermain imbang oleh Persija Jakarta di laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (14/02/2022) malam WIB.

Pertandingan berlangsung sengit. Persebaya dan Persija saling adu serangan.Gol dari Persebaya dicetak Taisei MarukawaRicky Kambuaya, dan Samsul Arif. Sementara itu gol Persija Jakarta dihasilkan oleh Marko Simic dan Makan Konate (brace).

Ini adalah hasil yang cukup bagus bagi Persija. Sebab mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah Ryuji Utomo dikartu merah karena melanggar Marselino Ferdinan.

Tidak butuh waktu lama buat Persija Jakarta untuk unggul. Di menit kedua, mereka tampil menekan dimulai dari Osvaldo Haay yang memberikan umpan tarik kepada Syahrian Abimanyu. Tapi, bola sepakan gelandang ini dihalau oleh Arif Satria.

Situasi itu rupanya tidak benar-benar membuat Persebaya aman. Sebab, bola muntah mampu disambar oleh Marko Simic dengan tembakan kerasnya ke gawang Persebaya. Arif Satria kali ini gagal menghalaunya.

Dalam kondisi tertinggal, Persebaya berusaha bangkit. Jual beri serangan tak terelakkan sampai akhir Arsenio Valpoort mendapat umpan lambung dari Taisei Marukawa di menit ke-12. Sayang, sepakan Valpoort masih lemah sehingga mudah ditangkap Andritany Ardhiyasa.

Dua menit kemudian, Persebaya mendapat kesempatan untuk membalas gol. Marukawa melakukan aksi gemilang dengan kelincahannya membawa bola di kotak penalti. Muhammad Ferarri pun menjatuhkannya dengan memegangi badan Marukawa.

Wasit Thoriq Alkatiri langsung menunjuk titik putih sekaligus memberi kartu kuning untuk Ferrari. Marukawa yang menjadi eksekutor penalti mengarahkan bola ke sisi kanan bawah Persija. Andritany sempat membloknya, tapi bola tetap masih ke gawangnya di menit ke-14.

Persebaya hampir mencetak gol lagi di menit ke-16. Lagi-lagi bermula dari Marukawa yang kali ini memberi umpan backheel kepada Ricky Kambuaya. Gelandang satu ini masuk ke kotak penalti Persija, namun tembakannya lemah saja.

Macan Kemayoran berusaha merespons ancaman bertubi-tubi Bajul Ijo dengan serangan balik. Mereka berkesempatan unggul lagi setelah Osvaldo Haay mampu masuk ke jantung pertahanan Persebaya. Sepakan Osvaldo juga lemah dan mudah ditangkap Andhika Ramadhani.

Tempor permainan sedikit menurun karena selama sekitar 25 menit pertama kedua tim tampil sangat agresif. Persebaya Surabaya kembali mendapat peluang emas di menit ke-33 lewat Reva Adi Utama yang melepas tembakan jarak jauh dan masih bisa diblok Andritany.

Tak banyak lagi ancaman ke gawang yang dilakukan oleh kedua tim. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1.

Paruh kedua berjalan tidak kalah sengitnya. Persebaya juga langsung mencetak gol di menit ke-48 dan membuat mereka berbalik unggul. Taisei Marukawa jadi kreatornya dengan mengirim umpan kepada Kambuaya dan berhasil menceploskan ke gawang Persija Jakarta.

Kondisi tertingga membuat Persija berusaha mencari gol penyama kedudukan karena mendapat serangan beruntung. Makan Konate mencoba melakukan tembakan keras, tapi masih mampu diamankan Andhika di menit ke-55.

Valpoort kembali menyianyiakan peluang emas yang dimilikinya untuk mencetak gol. Lewat serangan balik cepat, Kambuaya mengirim bola kepada Valpoort di kotak penalti lawan pada menit ke-56. Namun, sepakannya mampu diblok dengan kaki oleh Andritany.

Persija mendapat nasib sial karena harus bermain dengan 10 personel saja sejak menit ke-65. Penyebabnya, bek Ryuji Utomo mendapat kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran keras dengan menjatuhkan Marselino Ferdinan.

Unggul jumlah pemain membuat Persebaya kian tampil agresif. Di menit ke-79, Marselino mencoba melakukan tembakan keras khasnya dari jarak jauh. Bola mengarah ke sudut gawang hingga membuat Andritany melompat demi menepisnya.

Persebaya kembali membobol gawang Persija di menit ke-83. Kali ini lahir lewat kerja sama rapi dimulai dari Marukawa yang memberi umpan kepada Marselino. Bola kemudian dikirim dengan umpan tarik kepada Samsul Arif yang sukses memperdaya Andritany.

Tapi, Persija kemudian berhasil memperkecil ketinggalan. Mulanya mereka berada dalam situasi kemelut di depan gawang Persebaya setelah sepak pojok. Makan Konate mampu memanfaatkan bola liar dan membobol gawang mantan klubnya di menit ke-86.

Persija mendapat hadiah penalti karena Reva dianggap melakukan pelanggaran kepada Makan Konate. Sang gelandang andalan pun tampil menjadi eksekutor dan mampu mencetak gol lagi ke gawang Persebaya.

Pertandingan pun berakhir imbang 3-3. Hasil ini membuat Persebaya Surabaya tetap di peringkat lima klasemen sementara BRI Liga 1 2021-22 dengan koleksi 45 poin dari 25 laga. Sementara itu Persija Jakarta tertahan di peringkat ketujuh dengan 33 angka.(Net/Hen)

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Arizky Wahyu, Alie Sesay, Arif Satria, Franc Rikhart Sokoy (belakang); Rachmat Irianto, Alwi Slamat, Ricky Kambuaya (tengah); Taisei Marukawa, Arsenio Valpoort, Bruno Moreira (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ilham Rio Fahmi, Maman Abdurrahman, Muhammad Ferarri, Rangga Widiansyah (belakang); Ichsan Kurniawan, Syahrian Abimanyu, Makan Konate (tengah); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Osvaldo Haay (depan)

Pelatih: Alberto Lugherini (asisten pelatih)











 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar