PSM Makassar hadapi Persib Bandung

3 Pemain PSM yang Menyulitkan Persib

Pemain PSM Makassar

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)--  PSM Makassar berada dalam situasi sulit jelang menghadapi Persib Bandung pada laga tunda Pekan ke-22 BRI Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Selasa (22/2/2022). Tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu baru saja menelan kekalahan beruntun pada tiga laga terakhirnya. Mereka pun dipastikan tampil tanpa sejumlah pemain pilar karena sanksi akumulasi kartu, cedera dan terpapar COVID-19.
Kiper utama PSM Makassar, Hilman Syah masih diragukan tampil setelah ditarik keluar karena cedera saat PSM menghadapi Persita Tangerang, Sabtu (19/2/2022). Pelatih PSM, Joop Gall juga masih menunggu perkembangan terakhir Adam Mitter dan Anco Jansen yang juga mengalami nasib sama dengan Hilman Syah. Sedang M. Arfan dan Abdul Rachman wajib menjalani sanksi akumulasi kartu yang tertunda.

Problem paling menonjol terlihat di lini tengah. Joop Gall juga tengah memantau kondisi terkini Sutanto Tan dan Rasyid Bakri untuk menggantikan peran Arfan. PSM sangat membutuhkan gelandang bertipe petarung untuk mendampingi kreator serangan, Wiljan Pluim agar lebih fokus 'berkeliaran' di area pertahanan Persib plus menyuplai bola ke striker berpaspor Australia, Golgol Mebrahtu.Mengacu pada penampilan terakhir kedua tim, peluang PSM meraih kemenangan terbilang kecil. 

Tapi, Maung Bandung tak boleh karena Juku Eja dikenal sebagai tim yang kerap tampil trengginas saat menghadapi lawan yang lebih diunggulkan. Seperti yang mereka tunjukkan ketika menahan imbang Persib dengan skor 1-1 pada pertemuan pertama di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 2 Oktober 2021.Sebagai pengantar jelang laga, Bola.com memilih tiga pemain PSM yang berpotensi menyulitkan Persib Bandung pada laga nanti. Berikut narasi singkat penampilan ketiga pemain ini di BRI Liga 1.

 Tampil lugas dan berkarakter serta pembacaan bola yang baik adalah kelebihan yang menonjol pada diri Hasim Kipuw saat mengawal pertahanan PSM di BRI Liga 1. Itulah mengapa pria kelahiran Tulehu, 19 Mei 1988 selalu jadi pilihan utama di posisi bek sentral. Baik di era Milomir Seslija dan Joop Gall. Eks bek timnas Indonesia U-23 hanya absen bila mendapat sanksi akumulasi kartu kuning.Musim ini, Hasim Kipuw sudah tampil dalam 22 laga bersama PSM. Namanya pun masuk dalam daftar lima besar bek dengan tekel terbanyak. Hasim Kipuw tercatat melakukan 39 tekel sukses.

 Penampilan Wiljan Pluim bersama PSM di BRI Liga 1 sejatinya belum sebaik musim-musim sebelumnya. Kendala cedera lutut yang terus membayangi eks Willem II ini membuat pergerakannya tak selincah dulu. Meski begitu, peran pria kelahiran Zwolle, 4 Januari 1989 ini sangat sentral PSM. Ia hanya absen dua kali untuk istirahat sekaligus menjalani terapi pada lututnya.

Pada 23 laga bersama PSM musim ini, Wiljan Pluim sudah mencetak empat gol dan enam assist. Terakhir, ia mencetak satu dari dua gol PSM ke gawang Barito Putera. Secara total, pemain asing terlama yang berkostum PSM sudah tampil sebanyak 105 laga di pentas Liga 1 dengan koleksi 26 gol dan 22 assist.Meski terkesan kurang agresif, sejatinya pergerakan eks timnas U-23 Australia cukup efektif dalam membuka ruang. Kalau mendapat suplai bola yang pas, striker yang musim lalu berkostum Brisbane Roar (Australia) ini berpotensi mencetak gol perdana buat PSM.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar