Lakukan Pertemuan secara Virtual

Sinergi PLN dan Pemerintah Daerah dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Listrik di Inhu

PIHAK PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rengat, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) Riau bersama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan pertemuan secara virtual melalui video conference, Senin (7

Laporan  : Surya


Inhu

          PIHAK PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rengat, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) Riau bersama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan pertemuan secara virtual melalui video conference, Senin (7/3/2022). Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Manajer PLN UP3 Rengat, Beny Indra Praja, Manajer PLN UP2K Riau, Yanuar, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang diwakili oleh Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) dan Ekonomi, Bakri, serta perwakilan dari Bappeda Inhu. Dimana rapat ini merupakan bentuk sinergi PLN dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang bertujuan untuk mensinkronkan Rasio Desa / Dusun, Rasio Elektrifikasi (RE) dan koordinasi Road Map Pembangunan Jaringan Listrik Dusun yang dilaksanakan oleh PLN.

Pada kesempatan ini Beny menjelaskan, bahwa wilayah pelayanan PLN UP3 Rengat meliputi 3 (tiga) Kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi.Di PLN UP3 Rengat terdapat 5 (Lima) Unit Layanan Pelanggan (ULP), dimana untuk Kabupaten Indragiri Hulu dilayani oleh ULP Rengat Kota dan ULP Air Molek. 'Untuk kapasitas daya listrik sendiri di Kabupaten Indragiri Hulu saat ini pada posisi aman, yaitu disupplai dari Sistem Interkoneksi Sumatera melalui Gardu Induk (GI) Rengat dan diperkuat 2 (dua) PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) yaitu Seberida dan Lirik. Namun dari sisi pola konsumsi listrik masyarakat masih tergolong rendah yaitu dengan jam nyala rata rata 120 JN per bulan,” ungkap Beny.

Lebih lanjut, Beny menyampaikan bahwa saat ini PLN sedang mensosialisasikan dan juga meminta dukungan Pemda ikut mensukseskan Program Electricfying Lifestyle seperti Program Pemerintah terkait penggunaan Kompor Induksi listrik sebagai Konversi dari  Kompor LPG, penggunaan Motor Listrik di era EV (Electric Vehicle) generasi.''Dalam Proses Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan di Kabupaten Indragiri Hulu, PLN meminta dukungan ke Pemda. Terutama terkait kemudahan perizinan, percepatan pembangunan infrastruktur tenaga listrik tentunya akan dirasakan manfaatnya juga oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah setempat,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabag SDA dan Ekonomi Pemerintah Kabupaten Inhu, Bakri, dalam sambutannya mengharapkan support percepatan dan dukungan PLN dalam melistriki dusun yang belum berlistrik di Kabupaten Indragiri Hulu.''Kami sangat berharap dukungan dan support PLN dalam melistriki daerah yang belum dialiri listrik. Seperti Dusun Sungai Arang, Kepayang Sari dan beberapa dusun lainnya, serta perbaikan tiang portal yang terkena abrasi di daerah Pulau Gajah,” harap Bakri.

"Dalam koordinasi pengurusan perizinan dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Inhu, Pemda juga siap berkolaborasi dan mensupport PLN demi percepatan melistriki dusun dan proyek ketenagalistrikan lainnya, karena listrik saat ini sudah bergeser menjadi kebutuhan pokok, sehingga keberadaannya sangat dinanti-nanti oleh masyarakat yang belum teraliri listrik,'' sambungnya.

Sementara itu, Manajer PLN UP2K Riau, Yanuar menjelaskan secara keseluruhan wilayah pengusahaan di Pulau Sumatera dan Kalimantan masih terdapat 4 Provinsi di Kalimantan yang Rasio Desa Rerlistrik pada posisi < 90 %. Fokus kelistrikan memang dilaksanakan untuk melistriki desa yang belum berlistrik terlebih dahulu, setelah desa akan dilanjutkan untuk melistriki dusun.Di Provinsi Riau sendiri, PLN telah membangun infrastruktur kelistrikan Riau untuk desa / dusun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 3.117 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2.612 kms, Gardu Distribusi sebanyak 954 buah gardu sejak tahun 2014, itu merupakan capaian yang sangat besar dalam mendukung Program Listrik Masuk Desa.

''Khusus Kabupaten Indragiri Hulu, Rasio Desa Kabupaten Inhu telah mencapai 100% sejak tahun 2019, sedangkan Rasio Elektrifikasi PLN saat ini adalah 89,75 %. Namun memang untuk dusun masih belum seluruhnya tercover terlistriki 100%, ditambah lagi kendala kondisi finansial ditengah pandemi, tercatat terdapat 23 dusun yang belum berlistrik,” ungkap Yanuar.Sesuai dengan Road Map Pembangunan Listrik Dusun direncanakan

terselesaikan bertahap sampai pada tahun 2025. Untuk itu PLN meminta data final detail dusun yang belum berlistrik di Kabupaten Inhu kepada Bappeda Inhu agar data tersebut dapat disinkronkan dengan Road Map kelistrikan PLN. Dalam diskusi yang berlangsung, PLN sangat mengapresiasi kolaborasi PLN dan Pemda selama ini, percepatan telah dilakukan dengan baik dalam merealisasikan 100 % desa berlistrik pada tahun 2019, untuk tahap berikutnya PLN tetap meminta dukungan Pemda dalam mewujudkan rencana 100% dusun berlistrik yang dilakukan bertahap sampai pada tahun 2025 mendatang. ***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar