Indrawati: Program ini harus Didukung Bersama

Jadikan Lingkungan Sekolah Hijau dan Sejuk, SMPN 37 Tanam Ratusan Bunga

Kepala Sekolah SMPN 37 Indrawati Spd MSi

Laporan : Hendri Zainuddin


Pekanbaru

    SEBAGAIMANA diketahui bahwa Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan begitu dapat berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat, berilmu,  kreaktif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Oleh sebab itu, proses pendidikan akan berlangsung dengan baik jika lingkungan tempat terjadinya proses pendidikan itu sendiri mendukung dalam artian aman, nyaman dan menyenangkan. Seiring dengan itu, sekolah sebagai tempat terjadinya proses pembelajaran sebisa mungkin didesain untuk mendukung proses pembelajaran senyaman mungkin. 

Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara bahwa  sekolah adalah tempat belajar yang menyenangkan. Oleh karena itu, selain sarana dan fasilitas yang memadai sekolah juga memerlukan lingkungan yang nyaman bagi para siswanya. 

Untuk itu, dapat  disediakan taman yang berada di dalam sekolah, yang biasa disebut taman sekolah. Guna mendukung sekolah yang nyaman dan asri itu, jajaran Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 37 yang berada di Jalan Garuda Ujung, Kelurahan Tangkerang Tengah , Kecamatan Marpoyan Damai juga membuat program taman sekolah dengan menanam ratusan pohon bunga. 


"Ya di sekolah kita ini ( SMPN 37 red) sudah menanam  ratusan batang bunga.Adapu jenis bunganya beraneka ragam. Sementara penanaman  bunga itu tujuannya untuk menjadikan lingkungan menjadi hijau dan asri. Selain itu, tentu kita tanam bunga ini untuk memperindah lingkungan sekolah kita," ungkap Kepala Sekolah SMP 37 Indrawati Spd MSi saat berbincang-bincang dengan Kiblatriau.com di ruang kerjanya Senin (30/5/2022).

Dijelaskan Indrawati bahwa tamanisasi yang dilakukan ini merupakan salah satu kegiatan yang menyediakan fasilitas untuk mendukung dalam proses pembelajaran bagi siswa. Selain itu, kata Indrawati,  tamanisasi sekolah mempunyai beberapa manfaat, bagi sekolah, yaitu untuk memperindah lingkungan sekolah dan memberi rasa sejuk, karena dikelilingi oleh tanaman yang indah. 

"Taman sekolah dapat memberi motivasi belajar kepada para siswa karena dengan lingkungan sekolah yang indah dan sejuk, mereka akan merasa betah dan bersemangat untuk belajar. 

Selain itu, taman di sekolah bisa dimanfaatkan para siswa sebagai tempat untuk belajar, membaca buku, berdiskusi dengan teman, dan lain sebagainya karena tempatnya yang nyaman, indah, dan sejuk. Siswa tidak akan merasa jenuh karena terlalu lama berada di kelas," papar Indrawati.

Sambung Indrawati, untuk mendukung program tamanisasi ini, maka diperlukan peran dari pihak sekolah, penjaga  sekolah serta wali murid dalam rangka tamanisasi di sekolah guna mendukung proses belajar mengajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.

"Program tanam bunga ini harus didukung oleh semua pihak. Dengan  begitu, apa kendala yang terjadi bisa dilselesaikan dengan baik," tutur Indrawati. ***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar