Tak ada Pengalihan Rekayasa Lalulintas

Jenazah Eril Tiba Pukul 15.45 WIB di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta

Emmeril Khan Anak Ridwan Kamil. 

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tiba di Indonesia sore ini, Ahad (12/6). Polisi menegaskan, tidak ada pengalihan arus atau rekayasa lalu lintas dalam menyambut
kedatangan jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta.''Skema Lalu Lintas tidak ada, hanya memang kami atas kesepakatan hasil zoom meeting yang dipimpin oleh Kemenlu RI, bahwa Polresta Bandara Soekarno-Hatta membackup penuh kegiatan kedatangan jenazah almarhum Eril," kata Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Bambang Askar Sodiq saat dihubungi merdeka.com, Ahad (12/6).

Meski tidak menerapkan skema seperti pengalihan arus lalu lintas, kata Bambang, pihaknya tetap akan mengawal sedari kedatangan jenazah hingga keberangkatan dari Terminal Cargo Bandara menuju Bandung.Adapun alasan tidak diberlakukannya skema arus lalu lintas, dikarenakan penggunaan terminal kargo sebagai titik kedatangan tidak akan mengganggu mobilitas para penumpang lain di terminal bandara.

"Kenapa kita gunakan Terminal Cargo, kita tidak ingin pengguna jasa bandara lainnya terganggu dengan kegiatan penjemputan oleh masyarakat. Dan yang pasti tidak akan mengganggu arus lalu lintas yang ada di terminal," terangnya.Bambang
menyampaikan, persiapan di bandara sudah sepenuhnya siap untuk menerima kedatangan jenazah Eril putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Termasuk simulasi baik protokol kedatangan hingga persiapan lainnya."Nanti dari Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta akan mendampingi PJR Ditlantas Polda Jabar sampai ke Gerbang Tol Dalam Kota arah ke Cikampek," tuturnya."Tadi kita lakukan simulasi kegiatan pengamanan lokasi dan pemasangan Q-Line pembatas zona khusus Pers/Media di sisi kanan area parkir kantor Human Remains Lounge Cargo," sambungnya.


Bambang mengatakan, diperkirakan jenazah Eril akan sampai di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 15.45 Wib. Untuk selanjutnya dilakukan prosesi serah terima jenazah dari Kemenlu RI kepada pihak keluarga."Pasti ada (pejabat) dari Kemenlu. Kan ada prosesi serah terima jenazah dari Kemenlu kepada keluarga Kang Emil," sebutnya.Sebelumnya, Mabes Polri akan memberikan pengawalan terhadap rombongan penjemput jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Polri akan kawal hingga ke tempat peristirahatan terakhir.

"Tentunya Polri nanti tetap akan memberikan back up berupa pengawalan dari mulai bandara sampai ke rumah duka. Juga nanti ke tempat pemakaman itu juga teman-teman dari Polda Jabar pasti akan menurunkan petugasnya untuk membantu proses itu nanti," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko, di Jakarta, Sabtu (11/6).Seperti diberitakan, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu tenggelam saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Eril akhirnya ditemukan di pintu air dalam kondisi sudah tidak bernapas.

Gatot menegaskan, Polri akan tetap memberikan pengawalan meskipun tidak diminta. Terkait jumlah personel, Gatot mengaku diatur oleh personel kepolisian dari lalu lintas."Belum tahu ininya rangkaian prosesinya, tetapi yang jelas dari setibanya di
Bandara Soetta itu pasti kita akan memberikan berupa pengawalan," katanya."Tentunya sudah, termasuk dengan pihak keluarga, protokoler Bapak Gubernur Ridwan Kamil juga itu sudah dikoordinasikan," pungkasnya.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar