PSM Vs Persik di Piala Presiden 2022

Adu Kreativitas Wiljan Pluim dan Renan Silva

PSM Vs Persik di Piala Presiden 2022

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- PSM Makassar dan Persik Kediri bakal saling sikut untuk memburu kemenangan pada laga terakhir Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Ahad(19/6/2022).Siapa pun yang meraih tiga poin, dipastikan melenggang ke babak 8 Besar Piala Presiden 2022. Bila berakhir imbang, mereka akan menunggu partai lain di grup, yakni Persikabo 1973 vs Arema FC.Seperti diketahui, setelah menyelesaikan dua laga, empat tim di grup ini sama-sama mengoleksi poin 3 dengan selisih gol yang sama pula.

Itulah mengapa, kedua pelatih yakni Bernardo Tavares (PSM) dan Javier Roca (Persik Kediri) memberi sinyal bakal menurunkan komposisi terbaiknya untuk mewujudkan target tiga poin.Berkaca pada dua laga yang telah mereka mainkan di Piala Presiden 2022, secara umum kekuatan kedua tim berimbang, di mana sama-sama mengandalkan dua gelandang serang yang memiliki umpan akurat serta mobilitas tinggi, yakni Wiljan Pluim dari skuad Juku Eja dan Renan Silva, ruh serangan Macan Putih.


Wiljan Pluim adalah pemain asing terlama yang berkostum PSM. Gelandang asal Belanda itu sudah memperkuat tim kebanggaan warga Sulawesi Selatan itu sejak 2016.Pencapaian terbaik Pluim yang mengoleksi 34 gol dalam 129 laga bersama PSM ini adalah meraih trofi juara Piala Indonesia 2018/2019.Sedangkan Renan Silva pernah membawa Persija Jakarta trofi juara Liga 1 2018 dan pemain terbaik Liga 1 2019 ketika berkostum Borneo FC.Layaknya sebuah tim sepak bola, aksi keduanya bakal lebih optimal berkat dukungan koleganya. Berikut ini Bola.com menyajikan narasi singkat duel antarlini kedua tim yang bertemu di Piala Presiden 2022 ini:


Piala Presiden 2022 jadi ajang terbaik buat kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama. Dalam dua partai awal Juku Eja di Grup D Piala Presiden 2022, pria kelahiran 18 Mei 2000, ini sejatinya sudah bergabung di skuad senior setelah mendapat promosi dari tim junior pada 2020.Namun, namanya sempat tidak masuk dalam hitungan meski dua seniornya, Hilman Syah dan Syaiful Syamsuddin, hengkang dari PSM.Apalagi setelah manajemen PSM mendapatkan sejumlah nama familiar seperti Rivki Mokodompit (eks Dewa United), Annas Fitranto (eks Persita Tangerang) dan Wahyu Tri (eks Bhayangkara FC) serta kiper asal Makassar yang membawa Persis Solo promosi ke Liga 1 yakni Harlan Suardi.

Beruntung, pelatih PSM, Bernardo Tavares memberi kesempatan kepada Reza pada laga uji coba Juku Eja serta dua partai di Piala Presiden 2022. Ia pun tak melepaskan kesempatan itu.Sementara di kubu Persik, Javier Roca kemungkinan besar memainkan Muhammad Adi Satryo yang baru pulang membela Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023. Selain, Adi Satryo, Persik juga memiliki dua kiper yang tak kalah bagus, yakni Dikri Yusron dan Kartika Ajie.PSM Makassar beruntung mendapatkan Yuran Fernandes (Portugal) yang berperan sebagai stoper. Kelebihan yang menonjol pada diri pria kelahiran 19 Oktober 1994 adalah kejeliannya dalam membaca arah bola untuk memotong serangan lawan.

Dengan tinggi 198 cm, Yuran memiliki keunggulan dalam duel bola atas. Baik dalam bertahan mau pun memanfaatkan bola mati saat timnya menyerang.Dalam dua laga awal bersama PSM di Piala Presiden 2022, Yuran berduet dengan Safruddin Tahar berdiri di depan kiper Reza Arya Pratama.Menghadapi Persik, Yuran tetap jadi pilihan utama, ia kemungkinan berduet dengar Erwin Gutawa. Sementara di bek sayap, pelatih Bernardo Tavares memilih Yance Sayuri dan Dallen Doke.Sementara stoper asal Brasil, Arthur Felix akan jadi pilihan utama Persik Kediri untuk mematikan striker anyar PSM, Everton Nascimento yang berpaspor sama. Felix akan didampingi M. Fisabillah serta dua bek sayap, M. Rifaldi dan Samsul Arifin.

 
Wiljan Pluim tetap jadi motor serangan PSM. Kapten Juku Eja ini akan ditopang oleh dua gelandang pekerja, M. Arfan dan Rasyid Bakrie.Bicara di Piala Presiden 2022, Pluim baru saja mencetak rekor dengan menjadi pencetak gol tercepat di ajang pramusim ini. Sementara Yakob Sayuri dan Rizky Pratama akan beroperasi dari dua sisi sayap untuk memanjakan stiker utama PSM, Everton Nascimento.Sementara di lini tengah Persik, Renan Silva jadi tumpuan untuk merusak konsentrasi lini belakang PSM. Renan Silva bakal dilapis dua gelandang berpengalaman, yakni M. Taufiq dan Rohit Chand.Selain itu, pelatih Javier Rocha juga memercayakan Faris Aditama yang lebih banyak beroperasi dari sayap.

 
Sejauh ini, striker anyar PSM Makassar, Everton Nascimento belum mencetak gol buat Juku Eja, baik di laga ujicoba dan Piala Presiden 2022.Alhasil, striker berpaspor Brasil yang tiga musim bermain di Liga Bahrain mulai menuai kritikan. Apalagi sejak era Liga 1, PSM pun dikenal sebagai tim yang selalu melakukan pergantian stiker di setiap putaran.Nasib baik justru didapatkan oleh rekan senegaranya, Joanderson yang menggantikan peran striker Persik musim lalu, Youssef Ezzejjari. Ia sudah mencetak satu gol ketika Persik menekuk Persikabo 1973.Pria berusia 26 tahun ini juga terlihat lebih agresif dalam melepaskan tembakan ke arah gawang dibandingkan Everton dalam dua laga bersama tim masing-masing di Piala Presiden 2022.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar