Pendaftaran 22  hingga 30 Juni 

65 Orang Mendaftar Seleksi, Neil Antariksa Maju Kembali

Dr. Neil Antariksa, SH. MH maju kembali para periode kedua

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau yang mendaftar sebagai calon Komisioner hingga hari ini Selasa (28/6/2022) yakni, Dr. Neil Antariksa, SH. MH. Ia merupakan satu-satunya Komisioner yang kembali maju di periode kedua.''Saya masih maju kembali di periode kedua dan akan mengikuti seleksi," katanya.  Menurut Neil, masa jabatan saya bakal berakhir pada September 2022. Dan hanya saya saja yang maju kembali. "Sedangkan komisioner lainnya seperti Rusidi Rusdan sudah tidak boleh lagi maju sudah dua kali menjadi anggota Bawaslu dan Gema Wahyu Adinata dipastikan tidak maju karena kembali lagi ke status ASN-nya," sebutnya.

Untuk diketahui, pengumuman pendaftaran anggota Bawaslu Riau, dijadwalkan pada 22 - 21 Juni 2022 dan penerimaan pendaftaran  pada 22 hingga 30 Juni 2022.  Dalam ketentuan kata Neil hanya bisa dua kali boleh maju sebagai anggota Bawaslu.Sementara dua pimpinan lainnya, yakni Amirudin Sijaya dan Hasan masa jabatannya akan berakhir pada 2023. Seperti diketahui timsel Bawaslu Riau diantaranya, Eddy Asnawi, Muhammad Syafi'i, Syarifah Paradina, Lufita Nur Alfiah, Rudolf Perdion. Selaku ketuanya yakni Muhammad Syafi'i dan Syarifah Paradina sebagai sekretarisnya dan yang lainnya sebagai anggota.

Sejauh ini, dari data yang diterima media ini, ada 65 orang yang datang ke Sekretariat Timsel. Dengan rincian 59 orang Laki-laki dan 6 orang Perempuan. Yang mendaftar dari jalur kepemiluan ada 18 orang dari KPU dan 37 orang dari Bawaslu, dan 10 orang non penyelenggara. Untuk diketahui Tim Seleksi (Timsel) pemilihan calon komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau periode 2022-2027 telah membuka penerimaan pendaftaran mulai 22 Juni 2022. Masa pendaftaran akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2022.

Syarat untuk menjadi Komisioner Bawaslu Riau, diantara adalah berusia paling rendah 35 tahun mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur dan adil; memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu; berpendidikan paling rendah S1/D4, dan berdomisili di Riau.Total ada 18 poin persyaratan yang harus dipenuhi setiap pendaftar.Anggota Bawaslu ini sendiri untuk mengisi jabatan periode 2022 - 2027 mendatang, sehingga yang akan mengawasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang adalah komisioner Bawaslu yang terpilih pada tahun ini. (Kim)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar