Jangan Sampai Proses PPDB Dikeluhkan Masyarakat

Penjabat Walikota Tinjau Langsung Proses PPDB di Sejumlah SMP Negeri

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP memantau langsung proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMP Negeri 4, SMP Negeri 10, dan SMP Negeri 1, Senin (4/7/2022).

Laporan : Kurniawan

Pekanbaru

 

    PEMERINTAH KOTA Pekanbaru dalam hal ini,  Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP memantau langsung proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMP Negeri 4, SMP Negeri 10, dan SMP Negeri 1, Senin (4/7/2022). Hingga saat ini, peserta didik baru yang telah mendaftar sekitar 6.000. ''Ya hasil pantauan PPDB di tiga SMP negeri tidak ada halangan. Seperti di SMP negeri 4 tadi, ada kekurangan pendaftaran di jalur zonasi tapi banyak di jalur prestasi,'' ungkap Pj Wali Kota Muflihun saat kunjungan di SMP Negeri 1. Melihat kondisi ini, pihak penyelenggara PPDB diingatkan tetap sesuai aturan. Proses PPDB ini jangan sampai dikeluhkan masyarakat.

“Kalau memang tidak bisa (diterima sesuai aturan), mau gimana lagi. Aturannya seperti itu,'' terang Muflihun. Dikatakan pria yang akrab dipanggil Uun ini bahwa jumlah SMP negeri terbatas di Pekanbaru. Sebaliknya, tamatan SD jauh lebih banyak yaitu sekitar 20.000 orang. Sedangkan bangku yang tersedia hanya sekitar 8.000 di SMP negeri.'' Kami berencana menambah ruang kelas baru agar tidak terlalu jauh jaraknya antara peserta didik baru yang masuk sekolah negeri dan swasta,” ucap Muflihun.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan, bahwa proses PPDB SMP Negeri lancar saja hingga saat ini. Jaringan bagus, kecuali saat dua jam hari pertama yang sedikit gangguan.''Kami sudah laporkan ke pihak penyedia jaringan. Sejak itu, jaringan internet lancar hingga kini,'' sebutnya. Masalah lain adalah orang tua ada yang mendaftarkan anaknya di pusat kota. Sementara, Kartu Keluarga (KK) si anak beralamat di Kecamatan Rumbai.

“Sistem menolaknya. Jika ingin mendaftar ke kawasan perkotaan, harus diurus KK si anak di kawasan pusat kota. Ada sekitar 15 orang yang seperti ini,'' ujar Ismardi. Peserta didik SMP negeri yang akan diterima sekitar 8.000 orang. Sementara ini, peserta didik baru yang telah terdaftar sekitar 6.000 orang.'' Ya masih ada waktu beberapa hari lagi untuk mendaftar,'' tuturnya. Tampak hadir dalam peninjauan pelaksanaan PPDB itu Asisten 1 Drs Syoffaizal para pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar