Rapat Dipimpin Kadiv Pemasyarakatan Kanwil

Layanan Kunjungan Tatap Muka dan Pembinaan Terkait Libatkan Pihak Luar Segera Dibuka

pejabat struktural Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru mengikuti rapat secara virtual yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau , Selasa  (05/07/2022)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam rangka akan dibukanya kembali Layanan Kunjungan Tatap Muka Dan Pembinaan Terkait Melibatkan Pihak Luar, maka seluruh pejabat struktural Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru mengikuti rapat secara virtual yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau ,  Selasa  (05/07/2022) bertempat di ruang sekretariat WBK WBBM.

Agenda rapat kali ini tentang persiapan pelaksanaan Teknis Layanan Kunjungan TatapMuka dan Pembinaan terkait Melibatkan Pihak Luar. Dalam sambutannya Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi menjelaskan, bahwa beberapa hal antara lain: pertama, sebelum layanan kunjungan dibuka untuk warga binaan maka lakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada mereka dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Kedua, lakukan persiapan sumber daya manusia (SDM) petugas,atau personil yang akan bertugas di layanan kunjungan tersebut. Ketiga, membuat jadwal kunjungan supaya tidak terjadi kerumunan dan penumpukan orang dalam jumlah yang banyak.ke empat.jangan ada penyimpangam atau penyalahgunaan wewenang selama melaksanakan tugas seperti pungli dan sebagainya.

Kelima. Jangan ada pembedaan perlakuan atau diskriminatif kepada warga binaan dan keluarganya.  Dan yang ke enam. senantiasa melakukan peningkatan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan kamtib (keamanan dan ketertiban). Ke tujuh.persiapkan kegiatan sebaik mungkin mulai dari perancanaan, pelaksanaan sampai dengan selesainya kegiatan untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi.
 
Kedelapan memberikan pelayanan kepada warga binaan pemasyarakatan dan keluarganya secara humanis agar tercipta suasana yang kondusif. Kesembilan selalu berkoordinasi dengan stake holder tentang pembinaan warga binaan pemasyarakatan. Keluarga atau kerabat warga binaan yang datang membesuk harus menunjukkan identitas diri dan melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap barang yang masuk jangan sampai kecolongan.

Untuk mekanisme di lapangan diserahkan kepada Unit pelaksana teknis masing masing. Karena UPT lah yang lebih mengetahui situasi di tempatnya.

"Silahkan bapak dan ibu atur mekanismenya. Kemudian buat laporan dari setiap kegiatan yg telah dilaksanakan.Bila ada UPT yang belum siap untuk membuka layanan kunjungan silahkan laporkan alasannya kepada saya,"  tutur Mulyadi. (Yd/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar