Potensi berada di Grup Neraka

Ini Drawing Liga Champions 2018/19

Drawing Liga Champions

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Liga Champions 2018/19 siap dimulai. Undian fase grup Liga Champions musim ini akan dimulai pada Kamis (30/8) besok pukul 17.00 waktu Monaco. Undian kali ini diprediksi akan berjalan seru, karena salah satu grup bisa jadi grup neraka yang melibatkan Liverpool. Menukil fourfourtwo, empat klub Premier League akan terlibat langsung pada undian kali ini, yakni Manchester City, manchester United, Liverpool dan Tottenham. Keempat tim tersebut terbagi dalam dua pot yang berpotensi jadi tiga pot.

Sebagai juara Premier League, Man City langsung menembus Pot 1 bersama juara-juara liga lainnya. Man City tergabung dengan Real Madrid (juara Liga Champions musim lalu), Atletico Madrid (juara Liga Europa musim lalu), Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, PSG dan Lokomotiv Moscow.

Sistem ranking UEFA ditentukan berdasarkan performa tim di kompetisi Eropa dalam lima tahun terakhir. Pot 1 terdiri atas juara Liga Champions, juara Liga Europa dan juara liga domestik.Pot kedua terdiri dari delapan tim terbaik berdasarkan nilai koefisien UEFA. Tujuh tim sudah dipastikan masuk dalam Pot 2, hanya Liverpool dan Benfica yang berebut satu tempat. Meskipun Liverpool berhasil menjadi runner up Liga Champions dan runner up Liga Europa dalam beberapa tahun terakhir, tetapi mereka tak berpartisipasi dalam kompetisi Eropa pada 2013/14 dan 2016/17. Berikut pembagian Pot sementara:

Pot 1

Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Manchester City, Juventus, PSG, Lokomotiv Moscow.
Pot 2

Borussia Dortmund, Porto, Manchester United, Shakhtar Donetsk, Benfica*, Napoli, Tottenham, AS Roma
Pot 3

Liverpool, Dynamo Kiev*, Schalke, Lyon, Monaco, Salzburg*, CSKA Moscow, PSV Eindhoven*.
Pot 4

Valencia, Viktoria Plzen, Club Brugge,  Galatasaray, Young Boys*, Inter Milan, Hoffenheim, AEK Athens*.

Manchester United dan Tottenham langsung tergabung ke Pot 2 berdasarkan nilai koefisien UEFA mereka. Sementara itu, nasib Liverpool sangat tergantung pada hasil Play-off Benfica melawan PAOK Salonika (agg: 1-1).

Jika Benfica gagal lolos, Liverpool aman di Pot 2. Namun sebaliknya jika Benfica menang, Liverpool akan turun ke pot 3 berpotensi tergabung dalam grup neraka.

UEFA mengatur bahwa tak mungkin ada tim yang bersasal dari negara sama berada dalam satu pot. Dengan adanya Inter Milan di Pot 4, maka ada kemungkinan Liverpool akan tergabung dengan Dortmund, Inter, dan entah Barcelona atau Real Madrid. Kali ini nasib runner up Liga Champions musim lalu berada di tangan tim lain. Liverpool tentu berharap Benfica kalah. (Net/Hen)
 
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar