Optimis Bisnis Travel Mengeliat Lagi

ASITA Riau Sambut Baik Penerbangan Internasional Bandara SSK II Dibuka Kembali

Dede Firmansyah

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pihak Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru akhirnya resmi membuka penerbangan ke luar negeri. 

Hal ini disambut baik DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia / Association  of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Riau.

“Kita mengucapkan syukur atas dibuka kembali penerbangan internasional dari Bandara SSK II. Keputusan ini memang yang kita tunggu-tunggu sejak lama,” ungkap Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah, Rabu (6/7/2022).

Dikatakan Dede, apalagi sejak pandemi COVID-19 melanda, aktivitas penerbangan internasional dari dan ke Bandara SSK II Pekanbaru dihentikan.

Hal itu berimbas pada anjloknya kunjungan wisatawan mancanegara ke Ibu Kota Provinsi Riau. Hingga membuat banyak travel agent mati suri bahkan gulung tikar, bahkan pindah tikar (pindah ke bisnis lain seperti Kuliner, Fashion, dll) 

“Kita tak pungkiri travel agent di Pekanbaru juga bertahan dengan menjalankan bisnis pelayanan dari wisatawan mancanegara, contohnya orang-orang Malaysia yang datang ke Pekanbaru. 

Selain wisata, orang dari luar negeri juga datang ke Pekanbaru karena urusan bisnis. Jadi tentunya dibukanya kembali Bandara SSK II untuk mancanegara akan sangat positif sekali dampaknya,” terang Dede.

Dede juga mengatakan pebisnis travel agent punya andil besar terhadap pariwisata domestik. Termasuk kehunian hotel, restoran, ekonomi kreatif UMKM, dan sebagainya. Sehingga dengan dibukanya penerbangan internasional ini Dede optimis bisnis travel agent bakal menggeliat lagi.

Pada kesempata ini, Dede juga berterimakasih kepada Gubernur Riau, Syamsuar yang sudah menyampaikan hasrat agar dibuka kembali Bandara SSK II Pekanbaru. Sehingga keluar intruksi Pembukaan penerbangan internasional dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 34 Tahun 2022 yang dikeluarkan pada Senin (04/07/2022).

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau merilis jumlah 1.429 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Riau. Jumlah tersebut periode selama Mei 2022, mereka masuk melalui pintu masuk Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka.

Seiring melandainya kasus COVID-19 dan status PPKM level 1 di Riau, akhirnya pemerintah pusat memperbolehkan Bandara SSK II Pekanbaru dan sejumlah bandara lainnya untuk dibuka kembali penerbangan internasional. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar