Temukan 8 Hewan Terjangkit PMK

Kapolsek Ukui Pimpin Pengecekan Hewan Ternak

Kapolsek Ukui saat pimpin pengecekan hewan ternak masyarakat kemarin

PELALAWAN --(KIBLATRIAU.COM)-- Kapolsek Ukui,  Iptu Tatit Rizkyan, STrk, langsung turun pimpin pengecekan hewan ternak masyarakat yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Senin (18/7/2022).

Dari hasil pengecekan, Kapolsek Ukui didampingi Bhabinkamtibmas Desa Bukit Jaya, AIPDA Abdul Kholis, dari beberapa kandang hewan yang didatangi dan ditemukan sebanyak delapan ekor hewan ternak sapi yang terjangkit wabah PMK dan langsung mendapat penanganan pemberian obat dan vaksin, di tiga kandang milik masyarakat.

"Dari 8 hewan yang terjangkit tersebut sudah diberikan obat dan vaksin serta penanganan yg baik. Sehingga saat ini 6 hewan sudah menunjukkan kondisi pemulihan," ungkap Kapolres Pelalawan, AKBP Guntur M Tariq SIK, melalui Kasi Humas, AKP Edy Haryanto SH kepada wartawan kemarin. 

Dijelaskan Edy, masih ada dua ekor hewan ternak yang terjangkit PMK kondisinya masih belum menunjukkan perubahan.

"Daerah Ukui, masih ada dua hewan yang terkangkit PMK. Kini terus pemberian obat dan vaksin lanjutan dari dokter Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pelalawan," tutur mantan Kapolsek Teluk Meranti tersebut.

Tambah Edy, bahwa hewan ternak milik masyarakat ditemukan di tiga kandang, mulai terjangkit beberapa hari lalu. Mendapat informasi itu tim Satgas PMK Lancang Kuning Kabupaten Pelalawan dari Polsek Ukui langsung turun melakukan pengecekan bersama Disbunak Kabupaten Pelalawan.

"Polres bersama jajaran Polsek dan Bhabinkamtibmas, terus melakukan pengawasan secara maksimal. Hal ini  mengantisipasi penyebaran wabah PMK pada hewan ternak," tutur Edy. (Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar