Mahasiswa Sangat Antusias

ITC Fasilkom Unilak Uji Kompetensi 140 Orang Mahasiswa Komputer Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Para mahasiswa Universitas Hang Tuah (UHT) Pekanbaru foto bersama

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Sebagai salah satu lembaga pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang informatika  komputer di Riau,  ITC Fasilkom Unilak kembali dipercaya mejadi lembaga penguji kompetensi dan sertifikasi. Kali ini adalah mahasiswa program studi Teknik Informatika (TI) dan prodi Sistem Informasi (SI) oleh Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Hang Tuah (UHT) Pekanbaru.  Demikian diungkapkan oleh Dekan Fasilkom UHT Hendry Fonda, M. Kom saat dikonfirmasi Kiblatriau.com kemarin.

''Ya kegiatan ini  bukan ujug-ujug atau mendadak dilaksankaan, akan tetapi sudah melalui pertimbangan dan melewati waktu pembahasan yang cukup panjang di Fasilkom UHT. Beberapa bulan yang lalu masukan dari Ketua ITC Fasilkom Unilak kepada kami tentang pentingnya sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa, salah satunya dengan cara memaksimalkan ujian labor menjadi ujian sertifikasi kompetensi dan di sisi lain hal ini juga sudah dipikirkan dan kami bahas juga bersama Wakil Dekan,  Ketua prodi TI dan SI mengenai hal tersebut,'' ujar Hendry.''Selanjutnya saya bersama wakil dekan akademik dan ketua prodi intensif bertemu dan berdiskusi dengan Ketua ITC Fasilkom Unilak Dafwen Toresa membahas detail rencana dan regulasinya,'' sambung Hendry. 

Wakil Dekan  Fasilkom UHT Anita Febriani, ST, M. TI  mengatakan bahwa kegiatan dimulai dengan mengadakan sosialisasi  sertifikasi kompetensi pada hari Rabu tanggal 21 Juni 2022 yang lalu di Aula lantai 2 kepada mahasiswa semester 7 dan 5 tentang pentingnya sertifikasi kompetensi serta peluang dan tantangannya dengan nara sumber langsung Ketua ITC Fasilkom Unilak  yaitu bapak Dafwen Toresa yang sudah menguji ratusan peserta uji kompetensi di beberapa provinsi pulau sumatera, mahasiswa sangat antusias sekali untuk mengikuti kegiatan ini yang dihadiri lebih dari 80 orang mahasiswa dan dosen Fasilkom UHT. 


Ketua program studi Sistem Informasi Herianto, M. Kom, MTA, MCF sangat senang melihat mahasiswanya dengan penuh kesadaran dan bersemangat mendaftar serta mengikuti kemudian menyelesaikan ujian sertifikasi kompetensi sampai lulus. Sementara itu ketua program studi Teknik Informatika Yuda Irawan, S. Kom, M.Ti, MTA berharap kerjasama ujian sertifikasi ini bisa dilanjutkan untuk semester berikutya agar tamatan dari Fasilkom UHT memiliki nilai lebih dengan adanya sertifikat kompetensi dan insya allah akan memenangkan persaingan peluang kerja di lapangan. Diakhir wawancara media ini Dekan Fasilkom Universitas Hang Tuah pekanbaru, Hendry Fonda, M. Kom mengucapkan “terima kasih kepada Ketua ITC Fasilkom Unilak yang sangat terbuka dan telah membantu kami dalam mencapai salah satu nilai tambah tamatan Fasilkom UHT yaitu sertifikasi kompetensi.''Begitu juga dengan tim Asesor dan tim  support dari ITC Fasilkom Unilak kami mengucapkan terima kasih,'' terangnya.


Ketua ITC Fasilkom Unilak  Dafwen Toresa menjelaskan bahwa kegiatan sertifikasi kompetensi di Fasilkom UHT ini adalah sebuah rangkaiaan kegiatan yang panjang dari pengenalan sertifikasi kompetensi ke akademik, sosialisasi pentingnya sertifikasi ke mahasiswa, pembekalan, pelaksanaan ujian sertifikasi, finalisasi dan evaluasi. Pelaksanaan ujian sertifikasi kompetensi saja dimulai dari tanggal 30 Juni 2022 sampai dengan 17 Juli 2022, total peserta uji/asesi mahasiswa Fasilkom UHT ini adalah 140 orang yang terdiri dari peserta kegiatan hibah PSKK Kemkominfo RI 11 orang, peserta tahap 1 reguler 48 orang dan peserta tahap 2 reguler 71 orang. Dari total 140 orang peserta,  ujian sertifikasi Nasional LSP Informatika BNSP dengan skema Junior Web Developer (JWD) berjumlah 88 orang lulus/kompeten 86 orang, tidak lulus/belum kompeten 2 orang.Sedangkan pada uji sertifikasi Internasional Cisco dengan skema IT Essential (ITE) berjumlah 52 orang,  lulus/kompeten 51 orang, tidak lulus/belum kompeten 1 orang. 

Dalam kesempatan ini Dfwen juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dekan , Wakil Dekan, Ketua Program studi dan sivitas akademik Fakultas Ilmu Komputer  Universitas Hang Tuah Pekanbaru atas kepercayaan dan mempercayakan ujian sertifikasi kompetensi mahasiswanya kepada ITC Fasilkom Unilak.''Terima kasih juga disampaikan kepada tim ITC  Fasilkom Unilak yaitu  Dr. Yogi Yunefri, M. Kom, MCE dan Yogi Ersan Fadrial, M. Kom, MTA sebagai Asesor, didukung oleh  Taslim, M. Kom, MCF, Vebby, M. Kom, MTA dan Nur Adnan, M.Kom, MTA yang telah membantu suksesnya kegiatan ini,'' tuturnya.***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar