Momentum untuk Evaluasi secara Menyeluruh

Peringati HUT Pekanbaru ke-238, Ketua DPRD Pimpin Rapat Paripurna Istimewa

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi ST saat memimpin rapat paripurna istimewa HUT ke 238 Kota Pekanbaru, Kamis (23/06/22)

PEKANBARU---(KIBLATRIAU.COM)--  Bersempena memperingati Hari Jadi Pekanbaru ke-238, DPRD Kota Pekanbaru menggelar sidang rapat paripurna istimewa HUT ke 238 Kota Pekanbaru, Kamis (23/06/22) lalu. Dimana rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi ST. Dalam rapat paripurna itu , turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Pj wali Kota Pekanbaru Muflihun, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), para mantan Ketua DPRD Pekanbaru.

Lalu pimpinan beserta anggota DPRD Riau, Lembaga Adat Melayu (LAM), mantan Wali Kota Pekanbaru, para OPD, para anggota dewan serta para tamu undangan lainnya. Seiring dengan Hari Jadi Pekanbaru ke-238 ini  mengangkat tema Pekanbaru Kota Bertuah, Bangkit Besinergi Menuju Smart City Madani. Dan serangkaian prosesi pelaksanaan Paripurna HUT Pekanbaru ke 238 berjalan khidmad dan lancar.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi dalam sambutannya Sabarudi menyampaikan sejarah singkat awal mula nama Kota Pekanbaru yang dahulu Pekanbaru dikenal dengan nama Senapelan.Kala itu, Pekanbaru dipimpin seorang kepala suku disebut Batin. Hingga akhirnya, daerah yang disebut sebagai Senapelan ini terus berkembang menjadi kawasan pemukiman baru."Seiring berjalannya waktu, berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak,'' ujar Sabarudi saat Rapat Paripurna hari jadi Kota Pekanbaru.  

Dijelaskan Sabarudi, Senapelan yang kemudian lebih populer disebut Pekanbaru resmi berdiri pada Selasa, 21 Rajab 1204 H. Dimana 21 Rajab ini bersamaan dengan 23 Juni 1784 M oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah di bawah
pemerintahan Sultan Yahya. Selain itu, papar Sabarudi, peringatan hari jadi Kota Pekanbaru ke-238 pada tahun ini sedikit berbeda, tahun Kemaren Zoom meeting sekrang alhamdulillah sudah bisa tatap muka.“Sedikit berbeda dengan tahun yang lalu. Namun pelaksanaanya harus tetap dilakukan.

Karena ini merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan,'' sebut M.Sabarudi. Politis PKS ini juga mengucapkan Tahniah Kota Pekanbaru ke-238, dan mengharapkan dengan usia Kota yang sudah tua ini, Pemko Pekanbaru diharapkan bisa meningkatkan pembangunan untuk masyarakat.''Kami harapkan, Pemko bisa lebih bersinergi dan tambah kompak dengan DPRD. Utamakan kepentingan masyarakat dan realisasikan program kerja yang sudah ada,'' harap Sabarudi.

Sementara itu,  Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dalm sambutannya berharap dengan momen hari jadi Kota Pekanbaru ditetapkan pada 23 Juni tahun 1784 ini menjadi momentum untuk evaluasi secara menyeluruh, terutama pelayanan publik.
''Di usia Pekanbaru ke-238 ini, mari bersama-sama kita menjadikan momentum untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh di semua lini. Kita harus meningkatkan kinerja, terutama terkait dengan pelayanan publik. Kita juga harus tetap bersyukur dan terus berkarya,'' ujar Muflihun. (Advertorial)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar