Arema FC vs PSIS Semarang: 

Sama-sama Kuat

Para pemain Arema FC merayakan gol yang dicetak oleh Abel Camara dalam leg pertama final Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (14/7/2022) malam.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Arema FC akan menjamu PSIS Semarang pada pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (30/7) petang. Ini akan jadi pertemuan kelima kedua tim dalam dua bulan terakhir.Pada empat
pertemuan terakhir, Arema FC mendominasi hasil dengan tiga kemenangan dan satu kemenangan. Arema FC akan kembali diuntungkan karena menghadapi PSIS di kandang sendiri.Pada turnamen pramusim Piala Presiden, Arema FC menjadi tim dengan pertahanan terbaik karena hanya kebobolan dua gol dari delapan pertandingan. Sedangkan PSIS punya serangan terbaik dengan total 17 gol dari tujuh laga.Namun, pada pekan ke-1, status tersebut tampak berbanding terbalik. Arema FC dihajar 0-3 oleh Borneo FC dan PSIS hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan RANS Nusantara FC.Lantas, pada pekan ke-2, mampukah kedua tim memperbaiki status mereka tersebut? Siapa yang akan lebih unggul, pertahanan kokoh milik Singo Edan atau serangan sporadis milik Laskar Mahesa Jenar?


Pembelian kiper asing oleh Arema FC adalah salah satu keputusan terbaik. Adilson Maringa menunjukkan bahwa ia adalah tembok di bawah mistar pertahanan Singo Edan.Hal itu semakin dipastikan saat Maringa menyabet penghargaan pemain terbaik diPiala Presiden 2022 lalu. Meski berposisi sebagai kiper, Maringa mampu menyingkirkan sejumlah penyerang dan gelandang.Sedangkan PSIS belum punya penjaga gawang yang solid setelah melepas Joko Ribowo dan Jandia Eka Putra secara bersamaan.Ray Redondo belum menampilkan permainan terbaiknya, sedangkan Wahyu Tri Nugroho belum diberi kesempatan bermain.Tembok kokoh pertahanan Arema FC itu seringnya mengandalkan duet Bagas Adi Nugroho dan Sergio Silva. Dua pemain ini selalu tegas dalam mengambil keputusan, sehingga menyulitkan pemain depan lawan.Sedangkan posisi bek kiri masih sulit direbut oleh siapapun dari tangan Johan Alfarizi, sang kapten. Arema FC yang biasa memasang Rizky Dwi Febrianto di bek kanan, kini harus mencari penggantinya lantaran Rizky mendapat kartu merah. Hasim Kipuw, Achmad Figo, bahkan Rendika Rama bisa mengisi posisi tersebut.

 

Sama halnya dengan Arema FC, PSIS juga sudah punya komposisi pakem di lini belakang. Wahyu Prasetyo dan Alie Sesay dapat dimainkan kembali, walaupun koordinasi antara keduanya perlu diperbaiki.Bek kanan dan kiri, masing-masing diisi oleh Fredyan Wahyu dan Frendi Saputra. Dalam skema permainan PSIS, dua bek sayap ini berperan penting.

Arema FC dihadapkan pada situasi yang kurang meyakinkan untuk lini tengah. Renshi Yamaguchi atau Jayus Hariono bisa saja diistirahatkan salah satunya karena persoalan cedera.Padahal, kedua pemain tersebut adalah pelindung lini belakang dari pertahanan lawan. Tanpa kehadiran salah satunya, Evan Dimas dapat mengisi satu posisi tersebut.PSIS sudah menemukan komposisi lini tengahnya sejak pramusim. Jonathan Cantillana dan Alfreanda Dewangga jadi dua pemain yang dipastikan tidak akan absen dan bisa mengisi lini tengah PSIS.Sedangkan satu pemain lain masih dicari sosok yang tepat. Guntur Triaji, Eka Febri, atau Delvin Rumbino akan bersaing mendapatkan satu posisi terakhir di tengah.


Lini depan Arema FC jadi salah satu yang paling variatif karena memiliki dua pemain terbaik di setiap posisinya. Walaupun fakta tersebut berbanding dengan realitasnya karena lini depan Arema FC tidak piawai dalam urusan mencetak gol.Namun, Abel Camarra dipastikan akan mendapat satu tempat di ujung tombak. Pendampingnya di kiri dan kanan sangat terbuka, bisa antara Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Adam Alis, Gian Zola, sampai Ilham Udin Armaiyn.PSIS bersuyukur Carlos Fortes mulai pulih dari cederanya dan berharap bisa siap untuk menghadapi laga besok. Tanpa Fortes, lini depan PSIS tampak mati.Kehadiran pemain penuh visi dan kemampuan seperti Taisei Marukawa dan Wawan Febrianto di kedua sisi jadi tampak sia-sia. Maka PSIS wajib mencari solusi jika memang Fortes tak bis dimainkan.(Net/Hen)


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar