Ada Beberapa Laporan Kasus

Tarik Menarik Kasus Brigadir J di Meja Penyidik, Ini Penjelasannya

Ferdi Sambo

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Dua laporan kubu Irjen Ferdy Sambo kini ditangani penyidik Mabes Polri. Dua kasus tersebut ialah dugaan pelecehan seksual dan percobaan pembunuhan Brigadir J terhadap Putri Chandrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo. Tarik menarik kasus Irjen Ferdy Sambo sempat terjadi. Yakni, laporan percobaan pembunuhan Brigadir J yang dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan (Jaksel) sempat diambil alih Polda Metro Jaya.Pengambil alihan laporan percobaan pembunuhan ke Polda Metro Jaya rupanya berdasarkan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan pertimbangan dilimpahkan ke Polda Metro Jaya karena keterbatasan yang dimiliki Polres Jaksel dalam pengusutan kasus."Terutama dari aspek sumber daya penyidiknya," kata Dedi. Berikut tarik menarik laporan istri Ferdy Sambo terhadap Brigadir J:


8 Juli 2022

Dua laporan dibuat di Polres Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari istri Kadiv Propam terkait adanya pelecehan. Diketahui, telah terjadi baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J pada Jumat (8/7) sekitar pukul 17.00 Wib di kediaman Irjen Ferdy Sambo di kawasan Jakarta Selatan."Yang jelas kami menerima LP atau laporan polisi dari ibu Kadiv Propam dengan pasal persangkaan 335 dan 289," kata Budhi kepada wartawan, Selasa (12/7).

Laporan yakni dugaan pelanggaran Pasal 289 KUHP tentang kekerasan seksual dan Pasal 335 KUHP tentang pemaksaan agar orang lain melakukan sesuatu dengan memakai kekerasan.

19 Juli 2022

Kasus percobaan pembunuhan diambil alih Polda Metro

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kasus baku tersebut nantinya akan ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Metro Jaya.


"Ya betul, sekarang Direktorat Krimum Polda Metro Jaya yang tangani. Tetapi penyidik Polrestro Jaksel tetap dilibatkan dan Bareskrim berikan asistensi" kata Dedi saat dihubungi, Selasa (19/7).


22-23 Juli 2022

Polda Metro Jaya gelar prarekonstruksi

Tidak lama setelah mengambil alih kasus, Polda Metro menggelar prarekonstruksi. Pertama di Gedung BPMJ, keesokan harinya di TKP baku tembak Brigadir J dan Bharada E.Yakni, di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo kawasan Duren Tiga, Pancoran,
Jakarta Selatan.Saat prarekonstruksi, baik Irjen Sambo, istri serta Bharada E tidak dihadirkan.

31 Juli 2022

Mabes Polri tarik 2 kasus

Dua laporan yang ditarik dari Polda Metro Jaya ke Mabes Polri yaitu terkait dugaan pencabulan, dan kedua adalah percobaan pembunuhan terhadap istri Ferdy Sambo.Hal ini dibenarkan oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo. Ia mengaku penarikan laporan keluarga Ferdy Sambo ini agar lebih efektif."(Ditarik ke Mabes) Ya, dijadikan satu agar efektif dan efisien dalam manajemen sidiknya," katanya saat dikonfirmasi, Ahad (31/7).

Respons Pengacara Keluarga Brigadir J

Tim kuasa hukum keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Johnson Panjaitan menanyakan soal penarikan penangan kasus yang dilaporkan pihak Irjen Ferdy Sambo dari Polda Metro Jaya ke Mabes Polri. Bahkan Johnson Panjaitan baru mengetahui hal ini.

"Saya baru denger, tapi yang jadi pertanyaan kenapa ditarik sekarang enggak dari dulu dan mereka Polda sudah melakukan prarekonstruksi justru kenapa baru ditarik sekarang setelah mereka melakukan prarekonstruksi?" kata pengacara keluarga Brigadir J kepada merdeka.com, Ahad (31/7).Selain itu, ia juga menanyakan laporannya di Mabes Polri. Pasalnya, hingga kini ia akui belum ada perkembangan atas laporan itu."Belum ada perkembangan mengenai laporan kami dan surat permohonan prarekonstruksi," katanya.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar