Peduli Kesehatan Balita

Mahasiswa KKN Unri Bantu Posyandu Meranti

Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unri ikut membantu kegiatan di Posyandu Meranti VIII, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan belum lama ini



PELALAWAN--(KIBLATRIAU.COM)--  Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unri ikut membantu kegiatan di Posyandu Meranti VIII, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan.Kehadiran para mahasiswa Unri yang sedang KKN ikut serta dalam kegiatan posyandu yang digelar secara rutin  di Gedung Posyandu, Meranti VIII, Pangkalan Kuras.Sementara pemeriksaan di posyandu, terhadap masyarakat yang dibagi tiga kelompok yakni lansia, balita dan ibu hamil. Demi meningkatkan daya tahan tubuh di massa pandemi.

Elma Seplidarwati perwakilan mahasiswa Unri, menuturkan bahwa  Mahasiswa KKN Unri ikut terlibat dan membantu keberlangsungan posyandu. Mulai dari pengecekan berat badan, tinggi badan, kadar kolesterol dan diabetes.''Dengan diadakannya kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Mulai dari balita, ibu hamil dan lansia  yang ada di Desa Meranti," ungkap Elma.Sedangkan kegiatan posyandu dihadiri sebanyak 200 orang, yang di gelar mulai Jumat (15/7) lalu khusus untuk masyarakat lansia, dari  usia 48 tahun keatas. 

Kemudian dilanjutkan Selasa (19/7) Juli 2022 posyandu dikhususkan untuk balita mulai dari umur 0 bulan hingga 5 tahun.Dimana dalam semua balita dilakukan pengecekan berat badan, tinggi badan, hingga suntik imunisasi. ''Dengan adanya imunisasi, balita akan mendapatkan imunitas atau kekebalan anak secara individu dan eradikasi atau pembasmian sesuatu penyakit dari penduduk sesuatu daerah atau negeri," tuturnya.

Selanjutnya Kamis (21/7) kembali Posyandu melayani pemeriksaan bagi ibu hamil. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN Unri melakukan sosialisasi stunting.''Kita mengangkat tema, antisipasi generasi stunting guna mencapai Indonesia emas 2045”. Dengan tujuan dari program ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang stunting dan penyebab gejalanya," kata Elma.Maka adanya sosiisasi dalat kembali meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan serta persalinan pada masa nifas, yang perlu ditekankan dengan adanya sosialisasi ini, bagi calon ibu yaitu, melakukan perencanaan KB) dan lebih awal lagi. 

Kepala Posyandu Meranti, Pangkalan Kuras, Putri Amanti menuturkan bahwa ia merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN  yang berada di Desa Meranti, dan bisa memajukan Desa Meranti dan mengucapkan terimakasih atas dedikasinya dan kontribusinya yang telah diberikan.''Kita ucapkan kepada para mahasiswa KKN ini. Karena kita merasa terbantu dengan kehadiran mereka ini,'' ujar Putri. (Sa)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar