Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Timnas Indonesia Libas Hong Kong 5-1

Pemain Timnas Indonesia U-20, Rabbani Tasnim melakukan selebrasi usai menjebol gawang Hong Kong U-20 di laga Kualifikasi Grup F Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022).

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia U-20 sukses melibas Hong Kong U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/09/2022) malam WIB.Gol-gol Timnas Indonesia U-20 dicetak oleh Rabbani Tasnim, Zanadin Fariz, Alfriyanto Nico, dan Marselino Ferdinan. Sementara itu gol Hong Kong dihasilkan oleh Chen Ngo Hin.Ferdinan tampil sebagai pemain pengganti. Tapi ia bisa mencetak brace di laga tersebut.Dengan hasil ini, Indonesia U-20 sekarang sama-sama mengemas enam poin dengan Vietnam. Selisih golnya juga sama, delapan. Sementara itu Hong Kong masih mengemas nol poin saja setelah sebelumnya juga dibantai Vietnam dengan skor sama, 5-1.


Indonesia U-20 tentu saja langsung tampil menekan Hong Kong. Peluang apik muncul pada menit kedua. Ada umpan datar masik dari sayap kiri. Sayang tak ada pemain di lini serang yang bisa memanfaatkan peluang tersebut.Menit ke delapan Indonesia mendapat dua peluang. Yang pertama dari sundulan, memaksimalkan umpan free kick dari sayap kiri. Tapi bola masih terlalu lemah dan ditangkap kiper dengan mudah. Beberapa detik kemudian, peluang lain didapat oleh lini serang Merah Putih. Tapi lagi, kiper Cheuk Hei bisa menahan bola tersebut.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol pada menit kesembilan. Umpan free kick Zanadin Fariz dari sayap kanan mengarah ke tiang jauh. Bola ditanduk oleh Rabbani Tasnim. Kali kini kiper Hong Kong gagal mengantisipasi bola yang lebih dulu memantul ke tanah. 1-0!Menit ke-16 peluang didapat timnas Merah Putih. Pressing mereka membuat bola bisa direbut dari pemain Hong Kong di ujung kotak penalti. Sayangnya saat akan melepas tembakan, satu pemain lawan masih bisa melakukan blok pada Zanadin Fariz.

Menit ke-21 Indonesia akhirnya bisa mencetak gol lagi. Alfriyanto Nico sukses masuk ke kotak penalti usai bekerja sama one-two dengan Rabbani Tasnim di sisi kanan pertahanan Hongkong. Nico terus masuk dan melepas tembakan keras mendatar ke tiang jauh. Bola membentur tiang sebelum masuk. 2-0!

Setelah itu Hong Kong mencoba bangkit. Mereka sempat sedikit merepotkan Indonesia. Tapi mereka tak bisa menciptakan prahara di pertahanan Merah Putih. Setelah beberapa saat, Indonesia akhirnya bisa mendapat peluang apik lagi. Kali ini pada menit ke-37. Rabbani Tasnim sukses menanduk bola umpan silang dari Maulana Syarif dari sayap kanan di tengah kotak penalti. Tapi bola masih bisa diamankan kiper Hong Kong.Menit ke-42 Indonesia U-20 akhirnya bisa mencetak gol lagi. Gol ini dihasilkan Zanadin Fariz dengan cantik. Ia melewati beberapa pemain lawan dan melakukan umpan one-two dengan Rabbani. Ia sukses masuk ke kotak penalti dan kemudian menaklukkan kiper dengan tendangan lob. Cakep! 3-0!


Di awal babak kedua, Indonesia U-20 coba untuk menekan. Namun Hong Kong tampaknya sudah mengantisipasi dan bisa memberikan sedikit perlawanan. Tapi pada menit ke-52, Indonesia akhirnya mendapat peluang apik lebih dahulu. Nico memberikan bola terobosan ke dalam kotak penalti pada Rahmat Beri. Ia bisa menyentuh bola tapi sayang bola cuma bergulir tipis ke samping kiri gawang Hong Kong.Menit ke-54 peluang kembali didapatkan oleh Indonesia U-20. Rabbani melepas tembakan voli meski dalam sudut sempit usai mendapat umpan dari sisi kanan. Bola mengarah tepat ke gawang dan ditepis kiper lawan. Menit ke-57 Indonesia U-20 diganjar penalti. Berawal dari free kick dari sayap kanan, bola diarahkan ke tiang jauh, dan ditanduk pemain Hong Kong ke tengah kotak penalti. Wasit kemudian memberikan penalti setelah Ahmad Rusadi dinyatakan melakukan handball.

Laga sempat terhenti sejenak karena Cahya Supriadi mengalami cedera dan harus digantikan oleh Aditya Arya Nugraha. Sang kiper pengganti kemudian bisa menggagalkan eksekusi penalti Chen Ngo Hin pada menit ke-63. Sayangnya bola rebound masih bisa disambut Chen lagi menjadi gol. 1-3.Menit ke-66 Hong Kong melepas serangan balik melalui Matthew. Ia berusaha melewati satu pemain lawan dan melepas tembakan kaki kiri dari halfspace kanan. Namun bola masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Aditya.

Menit ke-70 Matthew mengancam lagi. Ia menembus pertahanan tengah Merah Putih dengan larinya yang kencang. Meski sudah dikawal tiga pemain, ia masih bisa melepas tembakan di ujung kotak penalti. Untungnya tembakannya agak lemah dan bisa diantisipasi dengan baik oleh Aditya.Menit ke-77 Hong Kong mengancam lagi. Lak Cheuk Hei melewati adangan sejumlah pemain di sayap kiri dan kemudian masuk ke kotak penalti sebelum akhirnya melepas tembakan datar ke tiang jauh. Namun untung bola masih bisa diamankan Aditya.

Menit ke-81, Indonesia mendapat peluang emas. Free kick Ferdinand dari halfspace kanan ditanduk oleh Ahmad Maulana di tengah kotak penalti. Tapi bola membentur tiang kanan gawang Hong Kong.Menit ke-85, Indonesia akhirnya bis menjebol gawang Hong Kong. Ferdinan masuk dari halfspace kanan. Ia berlari menyambut umpan terobosan dari sayap kanan. Ia langsung melepas tembakan ke tiang jauh. Gol! 1-4!Menit ke-89, Indonesia U-20 mendapat hadiah penalti. Ferdinan dijatuhkan di kotak terlarang. Pemain Persebaya itu sendiri yang mengeksekusi penalti tersebut. Ia mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang. 1-5!Menit 90+1 Rabbani mendapat peluang lagi. Ia menanduk bola umpan dari sayap kanan. Tapi bola sundulannya masih bisa ditepis kiper lawan. Setelah itu laga pun berakhir. Hong Kong 1-5 Indonesia.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar