Pekan ke-9 Liga Spanyol 

Real Madrid Tekuk Barcelona 3-1

Penyerang sayap Barcelona, Ousmane Dembele mendapatkan kawalan ketat dari bek tengah Real Madrid, Eder Militao pada pekan ke-9 Liga Spanyol 2022/2023, Ahad (16/10/2022) malam WIB.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Real Madrid sukses memenangkan El Clasico jilid pertama di Liga Spanyol 2022/2023. Bermain di Santiago Bernabeu, Madrid sukses membenamkan Barcelona dengan skor 3-1, Ahad (16/10/2022) malam WIB.Madrid sudah memimpin dua gol saat jeda babak pertama. Gol dari Karim Benzema di menit ke-12, lalu disusul gol dari Federico Valverde di menit ke-35 memastikan Barcelona punya tugas berat di babak kedua.Namun, Barcelona baru bisa membalas di menit ke-83 melalui Ferran Torres. Madrid kembali menjauh di menit ke-90+1 setelah eksekusi penalti dari Rodrygo sukses menggetarkan gawang Barcelona untuk kali ketiga.Ini menjadi kekalahan pertama Barcelona musim ini di La Liga, sekaligus membuat status pemuncak klasemen berpindah tangan ke Madrid. Madrid menguasai puncak klasemen dengan 25 poin, sedangkan Barcelona 22 poin.

Saat babak pertama baru berjalan lima menit, Raphinha coba mengancam dengan tendangan keras dari luar kotak penalti dengan gerakan cut inside. Upaya yang bagus, tetapi kiper Andriy Lunin masih sigap menghalaunya.Di menit ke-8, Madrid menciptakan peluang pertamanya lewat Vinicius. Setelah menerima umpan Ferlan Mendy di halfspace kiri, ia mengecoh tiga pemain Barcelona, lalu melepaskan tendangan. Bola masih membentur lawan dan hanya menghasilkan tendangan sudut.Keunggulan akhirnya berubah di menit ke-12. Lagi-lagi Vinicius menjadi mimpi buruk Barcelona. Ia mengeksploitasi ruang besar di belakang garis pertahanan dengan kecepatannya. Vini lalu melepas tendangan yang ditepis kiper Ter Stegen, tetapi bola muntah langsung disambar dengan mudah oleh Benzema.

Barcelona punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-25. Umpan silang mendatar dari Raphinha gagal disambut Frenkie De Jong dan gagal ditangkap Lunin. Bola liar disambut Lewandowski di tiang jauh yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong. Entah kenapa, sentuhannya justru membuat bola jadi melambung sangat tinggi.Kemudian, Madrid menggandakan keunggulannya di menit ke-35. Valverde yang tidak terkawal di luar kotak penalti sukses mengeksekusi tendangan mendatar yang keras. Bola gagal dijangkau Ter Stegen dan jala gawang bergetar.Dua menit berselang, De Jong punya kesempatan menembak dalam kotak penalti. Tendangan kaki kanannya yang mendatar itu masih mengarah tepat ke posisi tangkapan Andriy Lunin.


Madrid sebenarnya berhasil mencetak gol lagi di menit ke-52 lewat Benzema. Sesaat ia melakukan selebrasi setelah melepas tendangan keras dengan kaki kirinya, wasit utama Jose Maria Sanchez Martinez menganulirnya karena asisten wasit menegaskan posisi Benzema sudah offside.Barcelona melakukan tiga pergantian pemain sekaligus di menit ke-60. Trio pemain Spanyol, Gavi, Jordi Alba, dan Ferran Torres masuk menggantikan Sergio Busquets, Alejandro Balde, dan Raphinha.Garis pertahanan Barcelona berkali-kali dieksploitasi Vini, termasuk di menit ke-64. Ia menerima umpan terobosan dari Benzema. Namun di saat hendak melakukan sentuhan terakhir, Ter Stegen dengan cepat dari sarangnya dan mengamankan bola.

Barcelona sempat meminta penalti di menit ke-74 ketika Lewandowski dijatuhkan Dani Carvajal di kotak penalti. Namun, wasit bergeming dan tidak mengabulkan permintaan para pemain Barcelona.Ansu Fati yang baru saja masuk belum semenit langsung mengancam lewat tendangan jarak jauh di menit ke-78. Sayangnya, tendangannya masih melebar tipis di samping kiri gawang Madrid.Serangan bertubi-tubi Barcelona akhirnya berbuah manis di menit ke-83. Akselerasi Ansu Fati di sisi kiri, berhasil mengecoh dua pemain Madrid sekaligus, ia lalu melepas umpan silang mendatar ke tiang jauh yang berhasil disambar Ferran jadi gol.Madrid akhirnya menyudahi perlawanan Barcelona dengan mencetak gol ketiga dari titik putih. Rodrygo sukses menunaikan tugasnya sebagai algojo penalti di menit ke-90+1 setelah dirinya dilanggar di kotak terlarang.(Net/Hen)

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Andriy Lunin; Dani Carvajal (Antonio Rudiger 88’), Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Luka Modric (Eduardo Camavinga 78’), Aurelien Tchouameni, Toni Kroos; Federico Valverde, Karim Benzema (Marco Asensio 88’), Vinicius Junior (Rodrygo 85’).

Pelatih: Carlo Ancelotti

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Jules Kounde, Eric Garcia, Alejandro Balde (Jordi Alba 60’); Frenkie de Jong, Sergio Busquets (Gavi 60’), Pedri (Franck Kessie 83’); Raphinha (Ferran Torres 60’), Robert Lewandowski, Ousmane Dembele (Ansu Fati 73’).


Berita Lainnya...

Tulis Komentar