Sempena Peringati Hari Sumpah Pemuda 

Festival Pelajar Nasional di SMAN 5 Berlangsung Sukses dan Meriah

Kepala Sekolah SMAN 5 Hj Elmi Gurita MPd foto bersama dalam acara festival pelajar nusantara, Rabu (26/10/2022)


Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

 

     BERSEMPENA memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang,  Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMAN) 5 Pekanbaru menggelar kegiatan Festival Pelajar Nusantara tahun 2022 yang di laksanakan di halaman sekolah pada Rabu (26/10/22). 

Tampak hadir dalam kegiatan ini Gubernur Riau,H Syamsuar M.Si,Plt Kadisdik Riau Job Kurnian, Kadis Kebudayaan Yose Rizal, Kabid SMA Fahmijan serta para tamu undangan lainnya.  

"Dimana kegiatan Festival Pelajar Nusantara ini secara Nasional yang diikuti oleh semua Provinsi. Selain itu, kegiatan ini  ditaja oleh RRI Pekanbaru. Dalam acara ini, kegiatan berlangsung dengan sukses dan meriah," ungkap Kepala Sekolah SMAN 5 Hj Elmi Gurita MPd saat dikonfirmasi  Kiblatriau.com  di ruang kerjanya Rabu (26/10/2022).

Dijelaskan Elmi, kegiatan Festival Pelajar Nusantara ini telah berlangsung mulai dari tanggal 23-27 mendatang di dalam wilayah Provinsi.

"Pada tanggal 28 Oktober nanti akan di laksanakan secara Nasional. Dan acara yang dilaksanakan secara Nasional itu lansung di hadiri oleh Bapak Jokowi Presiden Republik Indonesia yang bertempat di Solo,Jawa Tengah. Namun untuk Provinsi-Provinsi lain akan mengikuti secara virtual .

Artinya untuk setiap Provinsi nantinya mereka akan memilih sekolah-sekolah yang akan melaksanakan kegiatan ini. Dari sekolah- sekolah ini nantinya mereka akan memilih yang terbaik untuk mengikuti acara puncak secara virtual dengan Presiden ," ujar Elmi.

Elmi juga menjelaskan ada beberapa sekolah yang ada di  Riau melaksnakan kegiatan Festival Pelajar Nusantara dari tanggal 18 kemarin. 

"Harapan kita bagaimana bisa mengkolaborasikan kegiatan anak-anak ini baik dalam bentuk seni,budaya dan olahraga. Dan kegiatan inilah yang kita kemas bagaimana kita menyampaikan pesan oleh sekolah. 

Terutama peserta didik kita dan kreatifitas dilakukan mereka itu untuk masyarakat secara umum, khusunya generasi muda kita karena kegitan ini bersamaan dengan memperingati hari sumpah pemuda," terang Elmi. 

Dikatakan  Elmi, dalam kegiatan Festival Pelajar Nusantara yang dilaksanakan hari ini ada dua sesi. Untuk kegiatan yang pertama khusus untuk Festival Pelajar Nusantara dan sesi kedua ini khusus untuk kegiatan projek pengembangan propil pelajar pancasila atau disingkat menjadi P5. 

"Disini nantinya guru-guru akan menilai kreatifitas anak apa-apa yang mereka bisa lakukan karena kebetulan kita mengambil tema tentang bangunlah badan dan jiwa raganya. 

Kemudian sub temanya tentang anti narkoba makanya disini kita juga mengundang BNN untuk menyampaikan arahan tentang bahaya narkoba. Jadi banyak sekali ilmu serta wawaasan yang didapatkan oleh para siswa yang ikut dalam kegiatan ini," papar Elmi.

Dalam kesempatan ini, Elmi juga menyampaikan pesan dari pak Gubernur Riau bahwa ia menekankan kepada pihak SMAN 5 khususnya para anak didik agar bisa mengembangkan budaya dan tanggung jawab sebagai pemuda bagaimana kita melestarikan budaya di dalam  berbangsa dan negara. 

"Ya dalam sambutan pak Gubernur berpesan kepada kita semua supaya  dapat mengembangkan budaya bangsa Indonesia sebagai pemuda. Karena pemuda merupakan generasi muda yang siap bersaing dengan segala ilmu dan teknologi di masa yang akan datang," tutur Elmi. ***

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar