Jelang Tour De Muara Takus 2022

ISSI Riau gelar Press Release dengan Insan Pers se-Provinsi Riau

Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M.Si saat pimpin rapat acara konferensi pers Kamis (10/11/2022)

PEKANBARU-(KIBLATRIQU.COM)-- Menjelang Tour De Muara Takus yang tinggal dua hari lagi H-2) tepatnya pada hari Sabtu tanggal 12 November 2022, Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Provinsi Riau melakukan Press Release Fun Race Tour De Muara Takus tahun 2022 dengan Insan Pers se Provinsi Riau, yang dipimpin oleh Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M.Si beserta Kapolda Riau yang diwakili Kabid Humas Sunarto, Ketua ISSI Riau Syahrial dan Danrem Riau yang mewakili. Acara itu berlangsung  di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis (10/11/2022). 

Press Release Fun Race Tour De Muara Takus ini dihadiri Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kampar Yuricho Efril, S. STP serta seluruh Insan Pers yang ada di Provinsi Riau. 

Even Tour De Muara Takus ini diikuti 20 Provinsi serta satu (1) negara Malaysia dengan membawa sembilan (9) tim dan juga kedatangan dua (2) tim Profesional. 

Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M.Si mengatakan bahwa dalam Even Tour De Muara Takus ini ada Empat (4) titik yang akan dilalui.

Titik Pertama yaitu di Istana Kesultanan Kerajaan Kampa, sampai di sini pemerintah Kabupaten Kampar akan memanjakan seluruh peserta dan masyarakat Provinsi Riau, yang mana disana ada Kuliner-Kuliner Khas Kampar, serta makanan Tradisional dan Makanan UMKM Lokal Kampar, Gratis semua, makanlah sampai Puas, ini adalah Pesta Rakyat. 

Titik Kedua yaitu di Balai Bupati Kampar, Kalau dalam Sejarahnya Kabupaten Kampar merupakan pernah menjadi Ibu Kota dalam hitungan jam, disambut dengan makanan khas Kampar juga, makanan UMKM lokal Kampar serta makanan tradisional ada disana. 

Titik ketiga yaitu di Dermaga PLTA Koto Kampar di Batu Bersurat yang mana ini menyediakan kelapa muda khas Kampar, siapa saja boleh minumnya serta melihat keindahan alam disana. Inilah Kampar surganya dunia. 

Titik Ke empat yaitu Candi Muara Takus. Disini merupakan acara puncaknya dan disini disambut dengan ninik mamak, yang mana sebelum makan dilakukan adat dan cara sebelum makan yang dikenal dengan Basiacuong terlebih dulu. Inilah adat Kampar yang memiliki falsafah tali bapilin tigo, tigo tungku sajaghangan. Dan disana ada alim ulama, ninik mamak dan Pemerintah. Disini juga menyedikan pasar murah serta memberi sembako untuk anak yatim serta fakir miskin. 

Dijelaskn Yusri, untuk itu ia mengucapkan terimakasih kepada TNI/Polri, ISSI Riau dan semua masyarakat Riau telah mendukung serta berpartisipasi dalam even ini, khususnya Kapolda Riau, Polres Kampar sudah melakukan pola pengamanan di setiap titik tetap kondusif. 

"Kami ingin menyukseskan even ini. Semoga even ini menjadi even tahunan dengan tuan rumah Kabupaten Kampar, maka kami sebagai tuan rumah banyak ucapkan terimakasih," ujar Yusri.

Dalam acara ini, Ketua ISSI Riau Syahrial mengatakan bahwa di Provinsi Riau ini ada 2 Icon sejarah di antaranya Istana Siak dengan Even Toer De Siak dan Candi Muara Takus dengan Even Tour De Muara Takus. Dimana,  sebelumnya Tour De Siak ini beda dengan Tour De Muara Takus, bedanya merupakan yang mengikuti Tour De Siak itu adalah tim Nnsional atau mereka sudah dapat predikat atau sertifikat yang disebut Atlet Pro. 

Maka Tour de Muara takus ini menjadi even umum untuk semua orang yang mau mengikutinya. Even Toor de Muara Takus ini yang juara mendapatkan penghargaan serta uang tunai 20 juta untuk juara  Satu (1), untuk juara Dua (II) 10 juta dan untuk juara Tiga (III) 5 juta serta ada Door Price bentuk sepeda motor, sepeda dan hadiah lainnya. 

"Ini merupakan even yang bagus untuk acara tahunan. Semoga kedepannya lebih baik, baik dalam nominal juara, doorprize dan bisa meningkatkan destinasi wisata Kampar banyak dikunjungi. 

Saya mengucapkan terimakasih Kepda Pemerintah Kabupaten Kampar, Pemko Pekanbaru serta TNI/Polri ikut serta mendukung serta mendorong dalam hal pengamanan," terang Syahrial.

Kapolda Riau yang diwakili Kabid Humas Sunarto mengatakan Polda Riau berkomitmen untuk mendukung terselenggaranya Even Toer De Mura Takus ini. 

“Polda Riau beserta TNI telah menyiapkan pola pengamanan selama even ini sampai selesai dengan mempersiapkan personil agar even ini aman dan kondusif," ujar Narto.

Polda Riau menurunkan tim personil 1.631 personil . Dimana personil ini siap mengamankan Even Tour De Muara Takus sampai selesai. "Kita juga menetapkan untuk sistem pengamanan jalan rute. Dan kita lakukan bukak tutup per pit stop, gunanya supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan," pungkasnya. (Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar