Tak ada Unsur Politis

Safari Politik Anies Baswedan di Aceh Terhambat Izin

Anies Baswedan

ACEH--(KIBLATRIAU.COM)--  Pemda Aceh mencabut izin kegiatan Anies Baswedan di Taman Ratu Safiatuddin. Rencananya, Anies menggelar jalan santai dan silaturahmi dengan warga Aceh dalam safari politiknya.Partai NasDem sebagai pengusung Anies menyesalkan sikap Pemda Aceh yang mencabut izin secara dadakan dan tanpa konfirmasi. Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali berharap keputusan tersebut tidak ada unsur politis.''Kita berharap pencabutan, atau pencabutan izin penggunaan taman itu tidak kaitannya dengan politik. Tapi itu lebih semata-mata alasan teknis," ujar Ali kepada wartawan, dikutip Kamis (1/12).NasDem belum mendapatkan penjelasan apapun dari Pemda Aceh terkait pencabutan izin. Menurutnya, kalau alasan teknis masih bisa diterima. Izin bisa diajukan kembali.

Tapi kalau alasan yang politis, NasDem menilai akan menyakiti masyarakat Aceh.''Tentunya kalau itu alasan politik atau alasan karena Anies tentunya ini akan sangat menyakiti kebanyakan rakyat Indonesia yang khususnya di Aceh yang ingin bersilaturahmi dengan Mas Anies," ujar Ali.Meski demikian safari politik Anies di Aceh tetap berjalan. Ali mengaku belum mendapatkan informasi dari DPW Aceh bagaimana formatnya nanti."Namun demikian NasDem tetap akan melaksanakan kunjungan silaturahmi itu di Aceh. Jadi safari Anies bersama nasdem di aceh itu tetap akan dilaksanakan," terangnya.


Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Seni dan Budaya, mencabut izin pemakaian Taman Ratu Safiatuddin untuk kegiatan Anies Baswedan dalam safari politiknya ke Banda Aceh.Pencabutan izin ini berdasarkan surat yang diteken Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya, Azhadi Akbar, pada Senin (28/11) lalu.Dalam surat itu tertulis pada 25 November, UPTD Taman Seni dan Budaya telah mengeluarkan izin pemakaian Taman Ratu Safiatuddin untuk jalan santai dan silaturahmi bersama Anies Baswedan, yang rencananya akan dihelat pada Sabtu 3 Desember mendatang."Izin penggunaan area Taman Ratu Safiatuddin dicabut, karena kegiatan saudara tidak sesuai dengan ketentuan Surat Perizinan yang kami keluarkan pada poin 2 ayat (a) dan (b)," bunyi poin surat.


Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, membenarkan pihaknya telah mencabut izin acara Anies Baswedan yang diinisiasi Partai NasDem itu di taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh. Dia mengatakan pencabutan izin ini karena area taman sedang dalam tahap renovasi."Pencabutan izin ini dikarenakan lokasi yang ditujukan sedang tahap rehabilitasi dan perawatan. Oleh sebab itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan," kata Almuniza.Rencananya, Anies Baswedan tiba di Aceh pada Jumat 2 November. Dia dijadwalkan akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Selanjutnya bertemu dengan Wali Nanggroe Aceh.Keesokan harinya, Sabtu 3 November, panitia dari Partai NasDem Aceh menggelar jalan santai bareng Anies dan dilanjutkan dengan orasi calon presiden yang diusung partai besutan Surya Paloh itu.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar