Memahami untuk Membuat jaringan Komputer

SMK Migas Inovasi Riau bersama Dosen Unilak Laksanakan Pelatihan Cisco Tracert 

Mahasiswa saat foto bersama dalam pelatihan aplikasi Cisco Packet Tracert kemarin

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Dosen Teknik Informatika (TI) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Lancang Kuning (Unilak) memberikan pelatihan Aplikasi Cisco Packet Tracert kepada siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Selasa (20/12/2022). Pelatihan dilaksanakan di labor komputer SMK Migas Inovasi Riau yang berjumlah 20 orang. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mengatasi keterbatasan peralatan praktek. Cisco packet tracert adalah aplikasi dari Cisco yang freeware (gratis) dan dapat dimanfaatkan secara simulasi merancang dan memahami membuat jaringan komputer baik skala kecil maupaun skala besar. 

Pengabdian Kepada Masyarkat (PKM) ini dilaksankaan oleh Dosen Program Studi Teknik Informatikan (TI) yang terdiri dari Ketua Dafwen Toresa, M. Kom, dengan anggota Fana Wiza, M. Kom, Ahmad Ade Irwanda, ST, MM dan Wenti Sasrapita, S.Kom, MM dan melibatkan 6 orang mahasiswa Teknik Informatika yaitu Rezky Hartono Tambunan, Yefita Sri Putri Sitompul, Muhammad Raihan Siddik, Rapinia Zega, Mewasti Gulo dan Rachul Rinaldo Siagian.

Pelaksanaan pelatihan selama satu hari dengan materi full praktek. Selama pelatihan siswa sangat antusias dan bersemangat dalam merencanakan dan mendesain tapologi jaringan, pada akhir pelatihan diberikan latihan membuat mini projek yaitu mendesain jaringan untuk SMK Migas Inovasi itu sendiri dengan desain untuk dua lantai dan siswa berhasil menyelesaikannya. 

Kepala SMK Migas Inovasi Riau Syahmian, S.Pd, MM mengucapkan terima kasih kepada Tim pengabdian kepada masyarakat yang merupakan Dosen prodi Teknik Informatika Fasilkom Unilak yang telah memberikan pelatihan praktek kepada siswa kelas X dan juga kepada Fasilkom Unilak yang sudah 2 semeseter memberikan pelatihan bagi siswa serta berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan ke semester berikutnya.Di akhir kegiatan, mahasiswa diberi sertifikat pelatihan yang ditandatangani oleh Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan dilanjutkan dengan foto bersama. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar