Manfaatkan Layanan Internet

Mau Bisnis Online Lancar, Intip Langkah Awal Memulainya

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Saat ini akses internet jauh lebih mudah, sehingga internet bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin di berbagai bidang, termasuk berjualan. Ada satu istilah yang paling sering terdengar ketika berjualan menggunakan internet, yaitu bisnis online. Mungkin berjualan secara online terlihat mudah, namun nyatanya ada beberapa hal yang harus dipikirkan. Lalu, apa saja yang dibutuhkan agar bisnis online bisa berjalan dengan lancar? Berikut langkah awal memulai bisnis secara online.7 langkah awal memulai bisnis online

1.Tentukan Produk yang Mau Dijual

Hal pertama, anda harus tahu produk yang akan dijual ke pasaran. Usahakan pilih barang dikenal masyarakat luas atau barang pokok, misalnya pakaian, aksesoris, tas, sepatu, dan lain-lain. Usahakan juga pilih barang yang cenderung awet. Hindari produk makanan basah yang mudah kadaluarsa untuk meminimalisir kerugian ketika produk tidak terjual.

 

2.Riset Pasar

Setelah menentukan barangnya, kini anda perlu tahu keadaan pasar di luar sana. Silakan mulai cari tahu harga produk yang biasa dijual oleh pedagang lain. Misalnya, anda berjualan daster, dan biasanya pedagang lain menjual dengan harga sekitar Rp50 ribu. Nah, dari sana Anda bisa menentukan harga yang pas, kalau bisa jual harga yang lebih murah dibandingkan pedagang lain. Namun, ingat juga bahwa kualitas dan pelayanan harus tetap menjadi poin penting agar bisnis online Anda berjalan lancar.

3.Cari Distributor yang Tepat

Langkah ini masih berkaitan dengan dua poin sebelumnya. Yang dimaksud dengan distributor tepat adalah, ketika harga produk yang dijual berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. 
Tetapi, alangkah lebih bagus jika harga barang dari distributor punya range yang jauh lebih rendah namun tetap mempertahankan kualitas terbaik, sehingga Anda bisa menjual barang dengan harga yang lebih terjangkau dibanding pedagang lainnya.

4.Tentukan Platform untuk Berjualan

Ada banyak tempat untuk menjual barang secara online. Anda bisa mengandalkan website, sosial media, atau e-commerce. Namun, untuk pemula maka disarankan mengoptimalkan platform sosial media dan e-commerce. Di sosial media, Anda bisa memanfaatkannya untuk promosi. Sedangkan, e-commerce adalah tempat untuk transaksi karena lebih aman dan mudah diakses. Salah satu e-commerce terpercaya dan mudah digunakan adalah Blibli. Di Blibli, penjual bisa mendapatkan banyak keuntungan; gratis ongkir, bebas deposit, dan banyak bonus. Untuk Anda yang tertarik buka toko di Blibli, bisa langsung mengunjungi website resminya. Jangan khawatir, cara buka toko online di Blibli sangat mudah dan cepat. Yuk, mulai jalankan bisnis anda bersama Blibli!

5.Tentukan Tema Toko

Sebelum mengisi barang dagangan di platform jualan, sebaiknya Anda tentukan tema toko terlebih dahulu. Dengan adanya tema maka pembeli bisa lebih mudah mengingat toko Anda. Jangan lupa berikan nama toko yang singkat, jelas, dan padat, ya. 

6.Jangan Lelah Promosi

Setelah Anda memiliki tempat berjualan, jangan lelah untuk melakukan promosi setiap hari. Anda bisa andalkan semua sosial media sebagai ajang menawarkan barang yang dijual. Beri gambar yang menarik disertai informasi yang jelas agar pembeli bisa mengakses dengan mudah.

7.Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Tips terakhir dari kami adalah, selalu sediakan waktu untuk melakukan evaluasi. Anda bisa melakukannya setiap bulan untuk mengetahui perkembangan bisnis online. Perhatikan jumlah pelanggan yang bertahan, cash flow, dan kompetitor. Selain itu, catat dan pikirkan setiap kritik serta saran yang masuk dari siapa pun, terutama pelanggan.Memulai bisnis online memang terkesan mudah, namun pada kenyataannya banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar bisnis tetap berjalan dengan baik. Setidaknya, ketujuh tips di atas bisa menjadi patokan sebelum anda memulai bisnis sendiri. Punya tips lain? Bisa tuliskan di kolom komentar, ya. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar