Dispusip Teken MoU Bersama 9 Perpustakaan

Tingkatkan Partisipasi para Pengelola Perpustakaan dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Sarkawi

PEKANBARU-(KIBLATRIAU.COM)-- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama 9 perpustakaan, Selasa (18/9/2018).  Penandatanganan MoU ini digelar di kantor Dispusip Pekanbaru Jalan Sutomo, yang diikuti oleh 9 perpustakaan antara lain, perpustakaan Puskesmas Sail, Perpustakaan SMAN 5, SMPN 3, SDN 161, SDN 113, SDN 87, SDN 58, SDN 42, dan perpustakaan SDN 35.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip Kota Pekanbaru H Sarkawi SPd MM mengatakan, adapun tujuan dilaksanakannya perjanjian kerjasama ini untuk meningkatkan partisipasi para pengelola perpustakaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.  Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945, perjanjian kerjasama yang dijalin antara Dispusip dengan 9 Perpustakaan ini juga bertujuan untuk mengembangkan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang perpustakaan.

"Perjanjian kerjasama ini juga didorong oleh semangat dan itikad baik serta tanggung jawab dari pengelola perpustakaan. Maka, kami di Dispusip berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan dengan berbagai pengembangan, baik berupa pembinaan, pelatihan dan juga pendidikan,'' ungkap Sarkawi. Selain itu, MoU yang dilakukan tersebut juga memiliki misi untuk mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional.

Terlebih lagi, perpustakaan ini kan wahana pelestarian kekayaan kebudayaan bangsa, jadi pengembangan sistem perpustakaan ini menurut kami sangat baik dilakukan sebagai upaya untuk mendukung sistem pendidikan," papar Sarkawi lagi.

Sekedar diketahui, Dispusip Kota Pekanbaru kata Sarkawi tahun ini menargetkan sebanyak 96 perpustakaan untuk dilakukan pembinaan. Meskipun yang terjangkau baru dikisaran dua puluh, Namun Dispusip telah berhasil membawa harum nama Kota Pekanbaru atas pembinaan yang dilakukan terhadap SMAN Cendana Rumbai yang meraih prestasi membanggakan belum lama ini. (Kur)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar