Hari ke Sembilan bulan Ramadhan 1444 H

Berikan Ceramah Subuh di Masjid Nurul Muhsinin , Beginilah Kata Ustadz Zulkarnain Umar

USTADZ DR H Zulkarnain Umar menyampaikan ceramah subuh di Masjid Nurul Muhsini yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Jumat (31/3/2023).


Laporan : Sharhan Asad Almawarid


Pekanbaru

 

      USTADZ DR H Zulkarnain Umar memberikan ceramah agama rutin di Masjid Nurul Muhsini yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Jumat (31/3/2023). Bertepatan dengan hari ke sembilan bulan ramadhan subuh  ini , ustadz Zulkarnain Umar membahas temanya tentang Tazkiyatun Nafs yang pada pertemuannya juga sudah disampaikan. Tazkiyatun nafsi pada hakikatnya adalah proses pembersihan jiwa dan hati dari berbagai dosa dan sifat-sifat tercela yang mengotorinya, dan selanjutnya peningkatan kualitas jiwa dan hati tersebut dengan mengembangkan sifat-sifat terpuji yang diridhai Allah SWT.

Dijelaskan ustadz Zulkarnain Umar bahwa setiap manusia di muka bumi tak luput dari dosa , karena sering melakukan kesalahan baik sengaja maupun yang tidak disengaja. Terlebih lagi, manusia ini  mengikuti nafsu yang membuat terlena, sehingga perlu pembersihan diri. ''Diri kita ini dikuasai oleh nafsu. Jika tidak bisa kendalikan nafsu itu, maka kita akan terpedaya dan  lupa atas perintah yang ditetapkan oleh Allah SWT,'' sebut  Zulkarnain Umar.

Dijelaskan Zulkarnain Umar, banyak sekali perbuatan-perbuatan yang ada di dalam diri manusia yang nafsu mengendalikan semuanya, seperti sibuk mencari kekayaan demi kepentingan, sehingga lupa harkat sebagai manusia hanya patauh dan menyebah Allah SWT.''Maka orang seperti ini, nafsu yang mengendalikan diri. Sibuk dengan kepentingan dunia. Oleh sebab itu, kita kendalikan nafsu. Sedangkan untuk berbuat kebaikan dan menyembah Allah SWT jarang dilakukan, sehingga selalu melakukan dosa,'' terang Zulkarnain Umar.

Dalam kesempatan ini, Zulkarnain Umar menjelaskan bahwa untuk mensucikan diri dari kesalahan yang telah dilakukan, maka perlu dengan pembersihan diri di setiap manusia.''Dalam diri manusia ini, tak luput dari berbuat dosa dan khilaf. Makanya untuk itu, dibersihkan diri dengan mengendalikan nafsu. Kita harus bisa tundukan nafsu, bukan nafsu yang memerintahkan kita, sehingga kita bisa melakukan ketaatan dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,'' sebut Zulkarnain Umar.

Lebih jauh ditambahkan Zulkarnain Umar, perbuatan yang sangat baik untuk membersihkan diri salah satu caranya dengan melaksanakan sholat dengan khusuk dan berzikir kepada Allah SWT.''Jadi sholat dan lakukan zikir kepada Allah SWT. Dengan begitu, kita akan semakin patuh dan taat kepada Allah SWT, sehingga segala dosa yang pernah kita lakukan diampuni oleh Allah SWT. Semoga di momen bulan ramadan ini, ibadah dan amal sholeh yang dilakukan diterima oleh Allah SWT,. Selain itu, sebelum melaksanakan sholat, tentu kita juga bersihkan yang zahir di dalam diri kita, sehingga apa yang kita kerjakan mendapat keberkahan dan keampunan oleh Allah SWT,'' tutur Zulkarnain Umar. ***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar