Sampaikan Santapan Ramadhan di Masjid Nurul Muhsin

Banyak Keutamaan Sedekah, Simaklah Penjelasan Lengkap dari Ustadz Syamsudin

Ustadz Syamsudin Som sampaikan santapan rohani ramadhan, Senin (3/4/2023)


Laporan Shahan Asad
Pekanbaru


       PADA malam yang ke tiga belas bulan ramadan 144 hijriah, tepatnya Senin (3/4/2023), ustadz yang menyampaikan santapan rohani ramadhan di Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan yakni ustadz Syamsudin Som. 
Dalam santapan rohani ramadhqn ustadz Syamsudin Som membahas pentingnya bersedekah.


Berbicara tentang sedekah tentu  sangat menarik dijabarkan. Dimana sedekah bermakna secara bahasa berarti pemberian sesuatu kepada yang berhak menerimanya di luar kewajiban zakat yang sesuai dengan kemampuan orang yang memberi. Terdapat istilah lain dari sedekah yaitu derma dan donasi, oleh karenanya sebutan untuk pemberi adalah dermawan dan donatur. Dalam ajaran agama Islam, sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat disenangi oleh Allah SWT.

"Ya sedekah merupakan amalan yang sangat besar pahalanya di sisi Allah SWT. Oleh sebab itu, kita disuruh bersedekah. Memang sedekah bukan perkara mudah , karena butuh keiklasan dalam hati, sehingga apa yang kita sedekahkan bernilai pahala oleh Allah SWT," ujar ustadz Syamsudin.

Dijelaskan ustadz Syamsudin, pada momen bulan ramadhan ini sangat dianjurkan agar mekakukan sedekah, sehingga apa yang disedekahan mendapat ganjaran yang berlimpah oleh Allah SWT. "Pada bulan ramadhan ini, kita diminta untuk sedekah. Karena orang mukmin  selalu ringan tangganya bersedekah. Dengan begitu, amalan  bersedekah ini akan kembali ke diri kita kembali.  Semoga apa yang kita lakukan dengan bersedekah akan diberikan imbalan dari Allah SWT," Sebut ustadz Syamsudin.

Sambung ustadz Syamsudin, selain itu ada beberapa item atau poin penting dari keutamaan bagi orang yang sudah bersedekah karena Allah SWT. Adapan keutamaan rutin  bersedekah antara lain.

Mendapat Rezeki 700 Kali Lipat

Keutamaan sedekah yang pertama ialah mendapat rezeki yang berlipat ganda, ini sesuai dengan sebuah hadits yang berbunyi:

"Barangsiapa yang menginfakkan kelebihan hartanya di jalan Allah SWT, maka Allah akan melipatgandakannya dengan tujuh ratus (kali lipat). Dan barangsiapa yang berinfaq untuk dirinya dan keluarganya, atau menjenguk orang sakit, atau menyingkirkan duri, maka mendapatkan kebaikan dan kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. 
 

Ditambahkan ustadz Syamsudin bahwa orang yang sedekah dapat juga mengobati orang sakit. Lalu, memanjangkan umur dan mencegah kematian Suul Khatimah.
Selanjutnya, keutamaan sedekah yang lain adalah memanjangkan umur dan mencegah kematian suul khatimah seperti sabda Rasulullah SAW.

"Sesungguhnya sedekah seseorang Islam itu memanjangkan umur dan mencegah daripada mati dalam keadaan konyol dan Allah SWT pula menghapuskan dengan sedekah itu sikap sombong, takabur dan membanggakan diri (dari pemberiannya)" (HR. Bukhari).

Lebih jauh disampaikan ustadz Syamsudin, bahwa keutaman dari sedekah juga bisa perumpanaan.penghalang dari neraka.
Aisyah RA bercerita, suatu hari dirinya pernah didatangi seorang wanita miskin yang membawa dua anak perempuannya. Beliau kemudian memberikan kepadanya tiga butir kurma.

Ia pun memberikan masing-masing anaknya satu kurma dan dirinya satu butir untuk dimakan. Namun, kurma tersebut diminta kembali oleh kedua anaknya, maka ia membelah kura yang hendak dimakannya menjadi dua.

Aisyah sempat dikejutkan oleh sikapnya itu. Kejadian tersebut kemudian ia ceritakan kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda: "Sesungguhnya, Allah telah menetapkan surga baginya karena tindakannya itu, atau dia bebaskan dirinya dari api neraka," (HR Muslim).

Kemudian sebagai bukti keimanan. Dimana
Iman tempatnya di hati dan menuntut adanya bukti. Bukti keimanan ialah dengan mengamalkan apa yang diyakini, salah satunya dengan bersedekah di jalan Allah SWT. ***

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar