Sampaikan Kajian Subuh di Masjid Nurul Muhsinin

Amalan yang Melembutkan Hati yang Keras, Begini kata Ustadz Karimuddin

Ustadz DR Karimuddin MIS saat menyampaikan kajian subuh di Masjid Nurul Muhsinin, Selasa (4/4/2023)

Laporan: Sharhan Asad

Pekanbaru

 

     PADA kajian subuh kali ini, tepatnya hari ke tiga belas bulan ramadhan 1444 H, Selasa (4/4/2023) ustadz yang menyampaikan tausiah di Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan  yaitu ustadz DR Karimuddin Nasution MIS. Dimana dalam kajian itu, ustadz DR Karimuddin MIS membahas tentang kiat atau amalan -amalan dalam rangka melembutkan hati seorang manusia yang terbilang keras. Dijelaskan ustadz Karimuddin Nasution  MIS ada beberapa amalan yang mesti dilakukan untuk melembutkan hati yang keras. Pada pertemuan yang lalu sudah dibahas amalan yang melembutkan hati. Untuk kajian subuh kali ini, kembali dilanjutkan tentang amalan untuk melembutkan hati.

''Pekan kemarin sudah kita bahas amalan yang melembutkan hati seperti banyak berdoa kepada Allah SWT, bertobat dan membaca alquran. Pada subuh ini, kita lanjutkan dengan amalan lain yakni, dengan banyak mengingat kematian, ziarah kubur,  berkawan dengan orang yang sholeh.Kemudian berbuat baik kepada anak yatim dan fakir miskin, sering melihat orang sakit serta banyak mempelajari kisah-kisah orang terdahulu yang tak berysukur kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, dengan kita terus melaksanakan amalan-amalan  yang disebutkan itu, maka Allah SWT lembutkan hati kita, sehingga kita takut dan bersungguh-sungguh melakukan amal sholeh dalam menjalani kehidupan di dunia yang sementara ini,'' ujar ustadz Karimudin.

Dijelaskan ustadz Karimuddin hati juga ternyata juga bisa mengeras. Kerasnya hati tersebut bisa berwujud pada munculnya beberap penyakit hati seperti sombong, keras kepala, dan penyakit hati lainnya. ''Maka dari itu,amalan untuk melembutkan hati harus  dilakukan setiap hari agar hati tak sekeras batu. Tak hanya itu, amalan untuk melembutkan hati yang keras ini juga bisa menjadikan hidup akan terasa lebih berkah.Oleh sebab itu, marilah kita meminta ampun kepada Allah SWT. 

Terlebih lagi di momen bulan  ramadhan ini, kita tingkatkan kualitas dengan melaksanakan amal sholeh, sehingga Allah SWT mengampunkan semua dosa kita, termasuk kita terhindar dari hati yang keras dan diberikan hati yang lembut,'' tutur ustadz Karimuddin. Pada kesempatan itu, pula sebelum usai kajian subuh diberikan waktu kepada jamaah yang hadir untuk menanyakan terkait kajian yang disampaikan oleh ustadz. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar