Ustadz Hidayat Sampaikan ceramah Subuh

Muliakanlah Orangtua seperti Raja

Ustadz Hidayat Alhafid saat menyampaikan ceramah usai sholat subuh di Masjid Nurul Muhsinin, Kamis (6/4/2023)

Laporan: Sharhan Almawarid

Pekanbaru

   
             USAI sholat subuh berjamaah, pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengadakan ceramah agama rutin. Pada hari Kamis (6/4/2023) yang juga bertepatan hari  yang ke lima belas bulan suci ramadhan ustadz yang mengisi kajian subuh yakni ustadz Hidayat Alhafid. Dalam ceramah subuh ini, ustadz Hidayat Alhafid menjelaskan bahwa bulan ramadhan ini bulan yang mulai dan disebut juga bulan kasih sayang.  Dimana dalam bulan ramadhan ini , Allah SWT berkenan menurunkan berbagai nikmat dan anugerah, mulai dari diturunkannya Alquran, Lailatul Qadar, dan pahala kebaikan yang berlipat ganda di sisi Allah SWT. Paparan subuh ini, ustadz Hidayat Alhafid menyampaikan pentingnya seorang anak berbakti dan memuliakan orangtua.

Dijelaskan ustadz Hidayat Alhafid, bahwasanya orangtua selalu ingin membuat seorang anak berhasil dalam menjalankan kehidupan. ''Bahkan, kadang kala untuk membuat anak maju dan berhasil orangtua rela menjual hartanya. Seperti jual sawah, jual  rumah. Itu semua dilakukan orangtua agar anak-anaknya supaya sukses. Tetapi, kadang-kadang ada juga anak kalau sudah sukses dan berhasil lupa atas jasa-jasa yang telah dilakukan orangtua sebelumnya. Hal itu , membuat hati orangtua meras kesal dan  kadang pula bersedih atas perilaku anak. Oleh sebab itu, sayangilah kedua orangtua. Perlakukanlah mereka seperti raja. Maka Allah SWT akan memberikan rezeki yang berlimpah seperti raja yang penuh dengan berkecukupan.

 Terlebih lagi, ridho Allah SWT bergantung kepada keridhaan orang tua, dan murka Allah  SWTbergantung kepada kemurkaan orang tua. Dengan begitu, patuh dan taatlah kepada kedua oranngtua, sehingga hidup diberkahi oleh Allah SWT,'' ujar  ustadz Hidayat Alhafid.

Diterangkan ustadz Hidayat, bahwa masih ada di zaman sekarang, anak yang lupa atas jasa dari orangtua. ''Bila sudah sukses, mereka (anak red) kadang tak ingat lagi sama orangtuanya. Kadang alasannya, karena sibuk bekerja, sehingga tak sempat  mengunjungi dan menelpon kabarna, sehingga rasa kasih sayang merasa hilang. Sehingga hubungan antara anak dan orangtua semakin merengang. Padahal, sukses seorang anak tak luput dari doa dan restu orangtua. Maka dari itu, berbaktilah sama kedua orangtua jika masih hidup dan kalau sudah meninggal sampaikan doa kepada mereka,'' sebut ustadz Hidayat.

Lanjut ustadz Hidayat Alhafid, agama Islam selalu mengajarkan seorang anak untuk memuliakan orang tua. Hal ini sangat dianjurkan karena orang tua sudah membesarkan dan mendidik anak sejak kecil. Dengan pengorbanan yang sangat besar, berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang juga disebutkan dalam kitab suci Al-Quran

 

.''Memuliakan orangtua. Terlebih lagi, di momen bulan ramadhan ini, salah satu bulan kasih sayang. Oleh sebab itu, berbuat baiklah kepada kedua orangtua. Jika sedang berada jauh dari orangtua, doakanlah keduanya agar selalu berada di dalam lindungan Allah SWT. Semoga doa yang kita sampaikan diterima oleh Allah SWT,'' tutur ustadz Hidayat Alhafid.***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar