Ustadz Doni Putra Tausiah di Masjid Nurul Muhisnin

Hindari Diri Sifat Iri dan Dengki

Ustadz DR Doni Putra Lc MHum, saat menyampaikan ceramah subuh di Masjid Nurul Muhsinin, Ahad (9/4/2023)

Laporan :  Sharhan Almawarid

Pekanbaru
 

              USTADZ yang  menyampaikan kajian rutin di Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai  usai sholat subuh berjamah yakni ustadz DR Doni Putra Lc MHum, Ahad (9/4/2023).  Dimana dalam tausiah subuh bertepatan dengan hari yang ke delapan belas bulan ramadhan ini kaijan yang dibahas tentang hadis-hadis yang ada di dalam alquran.Sebelum menyampaikan tausiah subuh, ustadz Doni  Putra mengucapkan puji syukur  kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya, sehingga diberikan keselamatan dan kesehatan serta umur yang panjang, karena bisa bersama-sama berkumpul mengikuti kajian subuh ini. 

Selain itu, ustadz Doni Putra tak lupa mengcapkan salawat kepada  Nabi Muhammad SAW. Karena dengan banyak membacakan salawat kepada nabi, maka nanti  akan mendapatkan safaat dari baginda nabi kelak di yaumil akhir , karena hanya safaatnya nanti yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap manusia di muka bumi  ini.

Pada kesempatan ini, ustadz Doni Putra melanjutkan kajian membahas sifat yang ada di diri manusia yakni iri dan dengki.Sebagaimana diketahui bahwa iri dan dengki maknanya sifat  yang menginginkan sesuatu yang telah ada pada orang lain, baik disertai  dengan keinginan supaya anugerah tersebut hilang dari orang yang dimaksud atau tidak. Perasaan ini disebut juga cemburu, sirik, dengki yaitu sifat manusia yang selalu menginginkan sesuatu sama seperti orang lain.

Dipaparkan ustadz Doni Putra bahwa sifat iri dan dengki ini dilarang dalam ajaran agama islam, karena akan membuat hubungan antar sesama tidak baik. Selain itu, kata ustadz  Doni Putra setiap orang memiliki takdir dan jalan hidup masing-masing. Ada  orang yang kesulitan dalam menjalani hidup, tapi ada banyak pula yang diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan. ''Adanya perbedaan garis hidup tersebut, terkadang membuat seseorang menjadi sering membandingkan kehidupan yang dimiliki 
dengan milik orang lain. 

Perasaan iri dan dengki yang datang tersebut tak jarang menjadi penyakit hati. Setiap kita melihat orang yang lebih sukses akan selalu muncul perasaan iri dan dengki tersebut. Oleh sebab itu, hindari dari sifat yang tak terpuji tersebut.  Salah satunya dengan cara banyak bersyukur kepada Allah SWT dan jangan banding-bandingkan hidup kita dengan orang lain. Dengan begitu, kita insyallah akan terhindar dari sifat iri dan dengki tersebut. Maka dengan momen bulan ramadhan ini, mari tingkatkan ketaatan dan keimanan kepada Allah SWT, sehingga amalan yang kita lakukan senantiasa diterima oleh Allah SWT dan terhindar dari sifat iri dan dengki,'' ujar ustadz Doni Putra.

Dalam kesempatan ini juga ustadz Doni Putra juga menyampaikan bahwa sifat sombong tidak baik di dalam ajaran agama islam. Karena sifat sombong ini juga kadang kala selalu ada di dalam diri manusia. Dimana kata ustadz Doni Putra bahwa sifat sombong sebagai sifat atau perilaku menghargai diri sendiri secara berlebihan. Tak cuma itu, sombong juga membuat diri merasa lebih segalanya dengan meremehkan orang lain.''Sifat sombong itu hanya sifat yang ada sama iblis. Oleh sebab itu, sebagai manusia kita harus bisa mengendalikan diri, sehingga kita tak termasuk sifat sombong. Karena Allah SWT sangat tidak suka kepada orang yang sombong,'' tutur ustadz Doni***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar