Selalu Bersama Alquran Dimuliakan Oleh SWT

Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Gelar Peringatan Nuzul Quran 1444 Hijriah

Ustadz Doni Putra Lc MHum saat ssmpaikan ceramah dalam peringatan Nuzul Quran di Masjid Nurul Muhsinin, Ahad (9/4/2023)

Laporan:  Sharhan Almawarid

Pekanbaru

         PENGURUS Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengelar peringatan Nuzul Quran 1444 Hijrah tahun 2023  yang juga bertepatan dengan malam yang ke sembilan belas bulan ramadhan, Ahad (9/4/2023).Sementara itu, dalam pelaksanaan peringatan Nuzul Quran itu ustadz yang memberikan ceramah yakni ustadz DR H Doni Putra LC MHum. Sebelum menjelaskan ceramqh agama itu, ustadz Doni Putra pertama-tama mengucapkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena masih diberikan kesempatan dan umur yang panjang, sehingga bisa bersamasama berkumpul di Masjid Nurul Muhsinin ini.

Selain itu, tak lupa pula ustadz Doni Putra menyampaikan salawat kepada Nabi Muhammad SAW, dimana dengan banyak bersalawat akan diberikan safaat di yaumil akherat kelak.

Disampaikan ustadz Doni Putra bahwa makna dari nuzul quran yakni turunnya kitabulah. Dan alquran pertama kali diturunkan kepada nabi Muhammad  SAW di Goa Hira, kemudian di rumah dan di bukit  Safa dekat kabah. Diturunkannya alquran di muka bumi ini adalah sebagai petunjuk manusia dalam menjalani hidup.

" Banyak sekali manfaat jika membaca alquran. Selain itu, orang yang selalu bersama alquran akan dimuliakan dan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Tetapi, banyak juga orang yang dihinakan di dalam alquran karena telah melamgar perintah Allah SWT," ujar ustadz Doni Putra.

Diterangkan ustadz Doni Putra , bahwa ada rumusan di dalam alquran bagi manusia , sehingga alquran bisa memberikan manfaat dalam menjalani kehidupan di atas dunia ini. Adapaun rumus itu antara lain membaca alquran dengan baik dan benar,  menghapal akquran. Selanjutnya mempelajari alquran , merenungi dan mentadaburinya serta mengalamkan alquran.

"Jadi alquran ini merupakan kalam dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SWT karen di dalamnya ada. perintah dan larangan bagi manusia. Dan alquran ini menjadi petunjuk  bagi seluruh umat manusia di muka bumi ini.

Jika ingin selamat dunia dan akhirat maka jadikan alquran sebagai petunjuk. Dengan begitu hidup akan damai dan tenang. Selain itu, di dalam alquran juga semua tentang kehidupan baik hukum, muamalah dan ibadah diatur. Mulai dari yang kecil hingga persoalan yang besar.

Oleh sebab itu, di momen bulan ramadhan ini, marilah kita selalu bersama alquran.Karena dengan bersama alquran, hidup akan nyaman dan tentram, bahkan nanti di yaumil akhir alquran akan menjadi cahaya dan memberikan safaat yang dahsyat bagi orang yang selalu membacanya," tutur ustadz Doni Putra.

Gelar Buka Bersama

   Ratusan warga yang berada di wilayah RW 06, Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengikuti acara berbuka bersama. Kegiatan berbuka bersama itu digelar di Masjid Nurul Muhsinin, Ahad (9/4/2023).Antusias warga RW O6 yang hadir dalam acara itu begitu tinggi. Dimana terlihat warga penuh sesak memenuhi halaman Masjid Nurul Muhsinin. 


Ketua Panitia kegiatan berbuka bersama Elda Rapel mengatakan, bahwa kegiatan buka bersama dilakukan dalam rangka menjalin silturahmi di momen bulan ramadhan 1444 H ."Kegiatan berbuka puasa ini hampir setiap tahun kita gelar. Dimana acara berbuka puasa bersama ini antusias warga yang datang cukup ramai. Semoga acara berbuka bersama dengan warga yang ada di RW 06 ini menambah erat hubungan silaturahmi antar sesama," ungkap Elda Rapel.

Dijelaskan Elda Rapel, sebagai ketua panitia pelaksanaan berbuka bersama ini juga mengucapkan terima kasih kepada warga atau bapak dan ibu yang telah membantu , sehingga kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar."Alhamdulilah acara berbuka bersama ini sangat ramai yang datang.

Selain itu, kami ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada warga yang telah berkontribusi dan membantu, sehingga acara ini terlakdana dengan baik. Semoga di masa yang akan datang, pelaksanaan buka bersama ini semakin ramai dan lebih baik lagi," terang Elda Rapel. ***

 

 


.


Berita Lainnya...

Tulis Komentar