Sampaikan Ceramah Agama di Masjid Nurul Muhsinin

Tanda-tanda Utusan dari Allah SWT sebelum Kematian Tiba, Ini Penjelasan Ustadz Ahmad Muhlisin

Ustadz Ahmad Mukhlisin Lc MA saat sampaikan ceeamah agama di Masjid Nurul Muhsinin, Rabu (10/5/2023)

Laporan : Hendri Zainuddin
Pekanbaru

         PASCA Idul Fitri 1444 H, pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai kembali mengelar ceramah agama rutin. Pada, hari Rabu malam Kamis (10/5/2023) bahwa ustadz yang menyampaikan ceramah agama yakni ustadz Ahmad Muhlisin Lc MA.  Sebelum menyampaikan tausiah, pertama-tama ustadz Ahmad Muhlisin mengucapkan puji syukur atas kehadirat dan rahmat dari Allah SWT, karena telah diberikan kesehatan, keselamatan. Selain itu, tak lupa juga kita mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad. SAW. Sebab dengan banyak bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW tentu akan mendapatkan safaat di yaumil akhir kelak dan akan diakui sebagai umatnya.


Dalam kajian kali ini, ustadz Ahmad Muhlisin Lc MA membahas tentang adanya tanda-tanda seseorang yang dekat dengan kematian sebelum malaikat maut atau israil datang mencabut nyawa. Dimana kata ustadz Ahmad Muhlisin ada beberapa tanda utusan dari Allah SWT  sebelum datang malaikat maut menjemput ajal kematian seseorang. Adapun tanda utusan itu antara lain mengalami sakit terlebih dahulu."Sakit merupakan tanda-tanda seseorang yang dekat dengan kematian. Tapi, tak juga sakit kadang-kadang membuat seseorang meninggal dunia. Tetapi, sakit paling tidak menjadikan tanda utusan dari Allah SWT sebelum tibanya kematian," ujar ustadz Ahmad Muhlisin.

Disampaikan Ahmad Muhlisin, tanda utusan lainnya tumbuhnya uban di kepala seseorang. Dimana uban ini merupakan salah satu tanda juga utusan dari Allah SWT sebelum datangnya malaikat pencabut nyawa manusia,. Selain tanda selanjutnya kata ustadz Ahmad Mukhlisin dalam diri seseorang terus dilanda dalam kesedihan.


"Lalu ada tanda utusan dari Allah SWT yang lain dikuranginya nikmat penglihatan dan pendengaran. Dulu waktu muda mata masih terang dan telinga sangat kuat untuk mendegar. Seiring dengan waktu yang berjalan dan sudah sepuh, maka nikmat itu diambil oleh Allah SWT. Dari tanda-tanda utusan yang diberikan atau disampaikan kepada manusia, bahwa itu merupakan tanda dekatnya seseorang dengan kematian," sebut ustadz Ahmad Muhlisin.

Sambung ustadz Ahmad Muhlisin, sebelum benar-benar datang kematian dan malaikat pencabut nyawa datang, maka segera melakukan amal ibadah dan perbanyak zikir dan istikfar. "Karena, kita ingin pada saat   nyawa dicabut oleh malaikat israil dengan khusnul khotimah. Oleh sebab itu, sebelum kematian datang, marilah mempersiapkan diri dengan banyak  melakukan amal kebaikan, sehingga di akhir hayat nanti kita khusnul khotimah, amin ya rabbal alamin," ujar ustadz Ahmad Mukhlisin.

Dalam kesempatan ini, ustadz Ahmad Muhlisin menyampaikan tentang seseorang yang wafat dalam keadaan suul khotimah (wafat yang tak baik red). Dimana seseorang yang wafatnya tak baik juga memiliki tanda-tandanya. Adapun tandanya sebelum kematian sebelum nyawa berpisah dari jasad ada bunyi yang kuat mendengkur seperti suara keledai .

"Tanda lain seseorang yang wafat tak baik wajahnya kusam dan tak berseri-seri. Kemudian sebelum wafat juga di bagian kanan dan kiri mulut keluar busa. Semua tanda itu  diperlihatkan oleh Allah SWT saat seseorang yang wafatnya tak baik. Oleh sebab itu, marilah kita berusaha untuk berbuat amal kebaikan, sehingga di akhir hidup kita nanti bisa khusnul khotimah. Karena setiap yang bernyawa pasti akan mati meskipun seseorang itu berada di tembok yang tinggi sekaligus," tutur ustadz Ahmad Muhlisin. ***

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar