Mari Ramaikan Bersama-sama

Alumni Universitas Al Ahgaff Yaman jadi Khatib dan Imam Salat Idul Adha di Masjid Nurul Muhsinin

Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Martony

Laporan : Hendri Zainuddin

Pekanbaru

 

   PADA tahun ini, pemerintah secara resmi menetapkan libur hari raya Idul Adha 2023 selama 3 hari. Dimulai dari tanggal 28 Juni hingga 30 Juni 2023. Hal ini diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri No 624/2023, No 2/2023, No

2/2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 yang diteken oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar

Anas. Seiring dengan itu, pelaksanaan salat Idul Adha 1444 H digelar besok. Begitu juga yang dilakukan pengurus  Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai.

''Ya untuk salat Idul Adha 1444 H besok Kamis siap kita laksanakan Dimana, pelaksanaannya di dalam Masjid Nurul dan dimulai sekitar pukul 07.00 wib,'' ungkap Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Martony saat dikonfirmasi Kiblatriau.com, Rabu (28/6/2023).

Dijelaskan Martony,   jika tak ada halangan maka yang bertugas menjadi imam sekaligus khatib salat Idul Adha yakni ustadz Abdurrahman Anir Lc yang merupakan alumni universitas Al Ahgaff Yaman.''Untuk yang jadi imam dan khatib sudah tak ada masalah.

Karena sudah dikordinasi. Semoga pelaksanaan salat Idul Adha nanti  bisa berjalan dengan aman dan lancar,'' terang Martony.

Pada kesempatan ini, Martony mengimbau dan megajak kepada seluruh jamaah Masjid Nurul Muhsinin  yang adda di lingkungan RW 06 supaya beramai-ramai untuk mengikuti  pelaksanaan salat Idul Adha 1444 H nanti.

''Mari kita bersama-sama untuk hadir ke masjid melaksanakan salat Idul Adha. Selanjutnya, setelah salat kita mendengarkan ceramah dari khatib. Semoga amalan yang kita laksanakan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT,'' harap Martony. ***


Tata Cara Sholat Idul Adha

1.Membaca niat.
2.Takbiratul ihram.
3.Membaca doa iftitah.
4.Takbir tujuh kali di rakaat pertama dan membaca "Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaaha illallah wallahu akbar" di antara takbir.
5.Membaca Al-Fatihah.
6.Membaca surat atau ayat dalam Al-Quran.
7.Ruku'
8.I'tidal.
9.Sujud pertama.
10.Duduk di antara dua sujud.
11.Sujud kedua.
12.Berdiri dan takbir lima kali untuk rakaat kedua.
13.Membaca surat Al-Fatihah.
14.Membaca salah satu surat atau ayat dalam Al-Quran.
15,Duduk di antara dua sujud.
16.Sujud kedua.
17. Duduk tasyahud akhir.

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar