Puluhan Bangunan Alami Kerusakan

Gempa Bumi Bantul Tak Berpengaruh pada Aktivitas Gunung Merapi

Aktifitas Gunung Merapi.

DIY--(KIBLATRIAU.COM)--  Gempa bumi mengguncang wilayah DIY dan sekitarnya, Jumat (30/6) pukul 19.57 WIB. Gempa tersebut diketahui memiliki kekuatan 6 SR dan berpusat 86 km arah barat daya Kabupaten Bantul, DIY.Gempa bumi ini tak mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPPTKG Yogyakarta, Agus Budi Santoso.Agus menerangkan, gempa bumi terasa hingga ke pos pengamatan Gunung Merapi. Gempa ini juga tercatat di seismogram yang ada di BPPTKG Yogyakarta."Sampai saat ini kejadian (gempa) tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi," ujar Agus.

Walaupun tak mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi, getaran yang timbulkan gempa menyebabkan puluhan bangunan yang ada di DIY mengalami kerusakan.Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Danang Syamsurizal mengatakan, data yang masuk hingga pukul 21.30 WIB total ada 33 bangunan rusak terdampak gempa bumi.Di Kabupaten Gunungkidul total ada 28 bangunan terdampak gempa. 

Yaitu 19 unit rumah rusak, lima unit bangunan fasilitas pemerintah, satu tempat ibadah, satu tempat usaha, satu fasilitas pendidikan dan satu kandang ternak.Sementara dampak gempa yang terasa di Kabupaten Bantul menyebabkan empat bangunan mengalami kerusakan. Terdiri dari tiga rumah warga dan satu fasilitas pendidikan."Untuk Kabupaten Kulon Progo total ada satu bangunan terdampak yaitu fasilitas kesehatan," imbuh Danang.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar