Peringati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

Pengurus Masjid Nurul Muhsinin GelarTabliq Akbar, Begini Penjelasan Ustadz H Saifullah

Ustadz H Saifullah Spd,i saat menyampaikan ceramah agama dalam rangka tahun baru islam di Masjid Nurul Muhsinin, Rabu (26/7/2023)

Laporan:  Hendri Zainuddin
Pekanbaru


         DALAM rangkaian memperingati tahun baru Islam 1445 H tahun 2023,  pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengelar tabliq akbar, Rabu (26/7/2023) usai salat isya berjamaah.

Dalam pelaksanaan peringati tahun baru Islam I Muharram  itu ustadz yang menjadi penceramah agama  yakni ustadz H Saifullah , Spd.i

Sebelum pelaksanaan ceramah yamg disampaikan ustadz terlebih dahulu pembacaan ayat-ayat alquran yang dibacakan oleh ustadz Erwin. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan Ketua Pengurus Masjid  Nurul Muhsinin Martony SH .

Dalam sambutannya, Martony mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia penyelengara acara tablik akbar sempena peringatan  tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H.

"Atas nama ketua saya sangat mengucapkan  terima kasih yang tak terhingga kepada panitia pelaksana acara ini, yang telah bekerja keras, sehingga acara bisa berjalan aman dan lancar.

Selain itu, saya juga ucapkan terima kasih kepada ibu-ibu yang telah membantu secara bersama-sama untuk  mensukseskan acara ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar. Dengan begitu, apa yang telah dilaksanakan akan mendapat pahala dari Allah SWT," kata Martony.

Sambung Martony, pada kesempatan ini ia juga menghimbau kepada semua jamaah yang ada di lingkungan RW 06 untuk bersama-sama meramaikan masjid untuk melaksanakan perintah Allah SWT, baik sholat, pengajian serta kegiatan yang sifatnya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan adanya tabliq akbar memperingati  I  Muharram 1445 H ini mari kita tingkatkan  amal ibadah kepada Allah SWT," harap Martony.

Sementara itu, ustadz H Saifullah dalam ceramahnya  menyampaikan bahwa peringatan tahun baru islam ini menjadi momentum untuk peningkataan diri untuk hijrah secara lahir dan batin, sehingga meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT.

"Semoga peringatan tahun baru islam ini sebagai peningkatan iman dan taqwa untuk membentuk pribadi yang  berakhlakul karimah. Selain itu, selalu mendekat diri kepada Allah SWT, " ujar ustadz Saifullah.

Dijelaskan ustadz Saifullah   bahwa Allah SWT selalu meninggatkan dan bersumpah  tentang waktu. Dimana Allah SWT mengingatkan di kala pagi, petang dan malam hari."Dalam alquran Allah  SWT telah menyampaikan tentang waktu. Hal itu, membuktikan bahwa waktu sangat penting dan meski kita perhatikan selama hidup diatas dunia ini. Karena, hidup hanya sekali dan tak akan pernah kita kembali ke dunia. Oleh sebab itu, pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya ketika masih hidup di dunia ini. 

Berbuatkan dengan banyak melakukan amal dan ketatatan kepada Allah SWT. Selain itu, momen tahun baru islam 1 Muharram ini  selalu muhasah diri dan atas apa yang telah kita lakukan. Jika belum, baik maka saat inilah kita hijrah dengan meninggalkan perbuatan yang salah dan dilarang oleh Allah SWT," sebut ustadz Saifullah.

Dipaparkan ustadz Saifullah dikatakan nabi Muhammad SAW bahwa orang yang cerdas dan hebat adalah orang yang selalu muhasabah diri dan mempersiapkan diri sebelum kematian tiba dengan banyak-banyak melakukan amal ibadah."Orang cerdas dan hebat bukan yang kaya dan terkenal di dunia. Tapi, orang yang hebat di mata Allah SWT ,orang yang melakukan ketaatan dan takut kepada Allah SWT, sehingga namanya di puji di langit dan dicatat oleh Allah SWT. 

Oleh sebab itu, dengan momen peringati malam tahun baru islam ini, marilah hijrah dengan sebenar-benar, sehingga apapun amalan yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT," terang ustadz Saifullah.

Sambung ustadz Saifullah  dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan kepada jamaah yang  hadir supaya benar-benar iklas dan taat melakukan perintah Allah SWT antara mengerjakan sholat, zakat, sedekah dan amalan lainnya.

"Karena Allah SWT maha besar dan  perkasa. Apapun  yang kita lakukan semuanya akan diketahui oleh Allah SWT. Karena orang beriman akan hijrah secara zahir dan bathin. Semoga amalan yang kita lakukan akan diterima oleh Allah SWT dan dimudahkan masuk ke surganya Allah SW.

Dimana, hidup ini seperti lomba lari, maka yang akan menjadi pemenangnya tentu yang bisa memanfaatjn waktu. Oleh sebab itu, gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya diatas dunia ini sebelum kematian tiba, " tutur ustadz Saifullah. **

 


.


Berita Lainnya...

Tulis Komentar