Gambarkan Seorang Umar bin Khatab

Sampaikan Ceramah Agama di Masjid Nurul Muhsinin, Begini Penjelasan Ustadz Saifullah

Ustadz H Saifullah Spd,i saat menyampaikan ceramah agama di Masjid Nurul Muhsinin, Rabu (27/9/2023)


Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

        SETIAP hari Rabu malam Kamis,  pengurus Masjid  Nurul Muhsinin yang  berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai rutin menggelar wirid pengajian.  Dimana untuk kajian kali ini, Rabu (27/9/2023) ustadz yang menyampaikan ceramah agama yakni ustadz H Saifullah , Spd.i.

Sebelum menyampaikan tausiah, pertama-tama ustadz Saifullah mengucapkan puji syukur atas kehadirat dan rahmat dari Allah SWT, karena telah diberikan kesehatan, keselamatan. Selain itu, tak lupa juga kita mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad. SAW. Sebab dengan banyak bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW tentu akan mendapatkan safaat di yaumil akhir kelak dan akan diakui sebagai umatnya.

Dalam ceramah ini, ustadz Saifullah menerangkan tentang pentingnya manusia untuk menetapkan pilihan yang tepat dalam menjalani kehidupan di atas dunia ini. Karena manusia diciptakan hanya untuk patuh dan taat serta selalu menghambakan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, kata ustadz Saifullah manusia harus menjalankan perintah dan menjauhi larangan dari Allah SWT.

"Hidup ini pilihan bagi setiap manusia. Apakah mau jalan yang baik atau yang  buruk, itu tergantung bagi manusia yang menilainya. Maka lakukanlah pilihan yang tepat jangan salah. Karena jika salah, maka tentu membuat manusia tidak patuh dan  melangar perintah  dari Allah SWT, sehingga akan mendapat azab dari Allah SWT di hari pembalasan nantinya, " ujar ustadz Saifullah.

Ditambahkan Saifullah, bahwa ia juga menceritakan tentang kegigihan dan kepatuhan seorang Umar bin khatab yang selalu melaksanakan ketaatan dan kebaikan kepada Allah SWT. Bahkan, kata ustadz Saifullah juga mengatakan bahwa jika tidak berjuang membela kebenaran kepada Allah SWT , maka tak ada guna hidup diatas dunia.  "Ini maknanya apa.  Bahwa seorang Umar bin Khatab selalu berbuat kebaikan dan kemuliaan. Karena hidup ini pilihan, maka jangan salah memilih.  Begitulah gambaran yang dilakukan Umar  bin Khatab yang selalu takut dan patuh kepada Allah SWT," ujar Saiffulah.

Selain itu, sambung ustadz Saifullah bahwa Umar bin Khatab juga selalu bersujud kepada Allah SWT , sehingga semua yang dilakukannya hanya untuk berbuat amal kebaikan dan kemuliaan.


"Dan yang terakhir yang dilakukan oleh Umar  bin Khatab selalu peduli dengan majelis ilmu. Karena di dalam menimba ilmu sangat penting . Dimana kehormatan orang yang berilmu sangat  mulia di hadapan Allah SWT. Selain itu, orang yang berilmu tentang agama tentu semakin patuh dan menjauhi larangan yang diperintah oleh Allah SWT," tutur ustadz Saifullah.

Terakhir ustadz Saifullah menjelaskan bahwa  selama masih diberikan umur yang panjang oleh Allah SWT  maka berbuatlah amal kebaikan."Memang kita hidup di dunia ini penuh cobaan, lelah dan capek. Tetapi, bagi orang yang  cerdas dan memiliki ilmu tentu berpikir,  biarlah sekarang kita lelah dan  capek dalam menjalankan perintah dan kepatuhan dari Allah SWT. Namun, di surga nanti kita akan diberikan kemudahan dan kesenangan yang kekal, dan abadi untuk selama-lama," pungkas ustadz Saifullah. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar