Antusias Jemaah cukup Tinggi

Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Gelar Tabliq Akbar Maulid Nabi 1445 H, Inilah Paparan Ustadz Ghulam Al Fatih

Ustadz DR Ghulam Al Fatih Abdullah LC MA saat menyampaikan ceramah di Masjid Nurul Muhsinin, Jumat (29/9/2023)

Laporan :  Hendri Zainuddin
Pekanbaru

 JAJARAN  Pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai  mengelar tabliq akbar dalam rangka peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah, tepatnya 13 Rabiulawal, Jumat (29/9/2023).

Dimana acara tabliq akbar ini dilakukan di dalam Masjid Nurul Muhsinin usai salat isya berjamaah. Tetapi, usai salat magrib pihak pengurus  menyediakan makan malam bagi jemaah serta warga yang ada di lingkungan RW 06. Antusias jemaah yang datang menyaksikan acara tabliq akbar yang digelar ini cukup tinggi.

Sementara itu, yang memberikan ceramah agama pada kegiatan tabliq akbar ini adalah ustadz DR Ghulam Al Fatih Abdullah LC MA . Dalam ceramah ini, tema yang diusung yakni "Dengan Maulid Nabi Kita Bangun Akhlak Langit"

Sebelum ceramah agama dimulai pertama-tama melantunkan ayat-ayat suci alquran yang dibacakan oleh anak MDA Nurul Muhsinin.

Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin H Martony  SM SH  MSi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para jemaah masjid yang telah memenuhi undangan dalam rangka menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah ini.

"Saya atas nama pengurus Masjid Nurul Muhsinin ucapkan terima kasih atas kehadiran para jemaah dalam acara maulid nabi ini. Selain itu, saya juga menyampaikan  terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan ini, sehingga berjalan dengan lancar," ujar Martony.

Dijelaskan Martony, bahwa  momen memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini salah satu untuk mengenang dan mencintai serta mentauladani akhlak Nabi Muhammad SAW, sehingga bisa menjadi motivasi dalam rangka mencontoh dalam kehidupan sehari-hari.

"Peringatan maulid nabi ini dimana rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. Karena dengan banyak mengingat nabi, maka akan diberikan safaat di yaumil akhir kelak. Selain itu, kita selalu mengingatkan anak dan keluarga supaya selalu mencontoh kepribadian nabi dan mencari keridoaan dari Allah SWT," sebut Martony

Sementara itu, ustadz DR Ghulam Al Fatih Abdullah LC MA dalam ceramahnya menjelaskan bahwa peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini merupakan momen yang sangat penting mengingat baginda Rasulullah dan menunjukkan rasa cinta kita kepada beliau. Sebab, dengan banyak bersalawat dan mengingat nabi maka akan mendapatkan amal kebaikan dari Allah SWT.

Dipaparkan ustadz Ghulam sesuai dengan tema dengan Dengan Maulid Nabi Kita Bangun Akhlak Langit. Dikatakan ustadz Ghulam bahwa kehadiran nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang sangat  mulia, sehingga memberikan tauladan bagi umat islam yang ada di muka bumi ini. "Ada empat akhlak langit yang disampaikan oleh nabi Muhammad saat berada di Kota Madinah. Untuk yang pertama menebarkan salam kepada sesama manusia.

 Dimana makna menebarkan salam ini merupakan  bentuk cerminan akhlak yang mulia diajarkan nabi. Oleh sebab itu, jangan lupa memberikan salam setiap berjumpa. Dan ini menandakan saling cinta antar sesama," ujar ustadz Ghulam.

Diterangkan ustadz Ghulam akhlak langit yang disampaikan nabi kedua memberikan makan kepada sesama. Dimana perbuatan ini selalu dilakukan oleh nabi dengan memberi makan baik sesama muslim maupun orang kafir.

"Sifat dan prilaku yang mulia dilakukan nabi ini memberikan makan, sehingga kaum qurais di masa dulu banyak yang masuk agama islam. Karena, dengan memberi makan ini tentu mengajarkan  kita untuk menumbuhjan rasa kekeluargaan, kekompakan di antara sesama. Ini perbuatan mulia yang diterapkan oleh nabi. Maka dari itu, perlu kita contoh apa yang telah dilakukan oleh nabi tersebut," sebut Ghulam.

Sambung ustadz Ghulam, akhlak langit yang ketiga yang diajarkan nabi adalah menyambung tali persaudaraan antara sesama manusia. Sebab, sangat penting sekali dalam menjaga hubungan silaturahmi.

 "Banyak sekali mudarat bagi orang yang memutus tali silaturahmi. Bahkan, kata nabi bagi yang tak bertegur sapa selama tiga hari, maka terancam masuk surga, sholatnya tak diterima. Oleh sebab itu, marilah jika ada yang bertikai dan bermasalah, cepatlah saling meminta maaf sebelum terlambat," terang ustadz Ghulam.

Dan terakhir yang disampaikan ustadz Ghulam bahwa akhlak langit yang diajarkan oleh nabi selalu melaksanakan sholat malam mendekatjan diri kepada Allah SWT. "Bangunlah tengah malam untuk sholat malam. Berdoalah dan minta kepada Allah SWT supaya kita diberikan keberkahan, keselamatan baik dunia maupun akhirat. Dengan begitu, nanti apapun dosa yang kita lakukan diampuni dan mendapat keridiaan oleh Allah SWT, " urai ustadz Ghulam.

 Diterangkan ustadz Ghulam diutusnya Nabi Muhammad  SAW ke muka bumi ini membawa berkah dan kesejukan bagi semua umat yang ada di alam semesta ini.

"Dengan momen peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini diharapkan kepada kita semua (umat Islam) menjadikan Nabi Muhammad contoh dalam kehidupan sehari-sehari. Karena di dalam dirinya (nabi red) mempunyai sifat yang mulia, prilaku yang baik. Sehingga semua yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ini adalah menjalankan perintah dari Allah SWT. Dengan begitu, umat Islam akan mendapatkan pahala dan amal, sehingga kita selamat dunia dan di akhirat. Selain itu, marilah kita contoh akhlak yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yang sangat terpuji dan mulia, sehingga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari," tutur ustadz Ghulam. ***

 

 

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar