Pilpres 2024

Cawapres Prabowo Mengerucut ke 2 Nama

Prabowo Subianto

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto disebut sudah mengerucut ke 2 nama. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menyebut kedua nama yang dimaksud kemungkinan Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.Adi mengatakan Erick Thohir memang sudah lama dikaitkan untuk mendampingi Prabowo. 

Menurut Adi, ada sejumlah alasan mengapa Erick Thohir berpeluang besar berduet dengan Prabowo di Pilpres 2024."Pertama karena faktor elektabilitas. Kedua karena Erick katanya dinilai dapat kode halus istana. Bahkan dalam beberapa kesempatan kedekatan Prabowo dan Erick plus Jokowi dikaitkan dengan restu Jokowi dengan duet keduanya," kata Adi kepada wartawan, Jumat (29/9/2023).

Lantas bagaimana dengan peluang duet Prabowo-Khofifah? Adi menyebut bahwa Khofifah adalah jawaban dari kelemahan Prabowo saat kalah di dua edisi pilpres sebelumnya."Khofifah adalah jawaban kelemahan Prabowo selama ini yang kalah pilpres 2 kali. Di pilpres 2014 dan 2019, Prabowo lemah di Tatim dan kalangan NU. Untuk menutup itu semua Khofifah adalah jawabannnya," ucap Adi.Adi juga menyinggung terkait Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Menurutnya, Airlangga mau dikemanakan sebab Golkar sudah memberi dukungan terhadap Prabowo untuk Pilpres 2024. Apa Golkar bakal keluar dari koalisi pendukung Prabowo?."Secara logika sederhana mestinya hengkang. Hanya 'kekuatan besar' yang bisa membuat Golkar terus berada di Prabowo meski Airlangga bukan cawapres," imbuhnya.

Seperti diketahui, bakal capres Prabowo Subianto sampai saat ini belum menentukan bakal cawapresnya untuk Pilpres 2024. Namun demikian, sejauh ini cawapres sudah mengerucut ke 2 nama.Hal itu terungkap saat Prabowo bersilaturahmi dengan sejumlah ulama, gus, dan kiai NU Jatim di Surabaya, Jatim. Muhammad Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar menyebutkan dalam pertemuan itu sempat dibahas dua nama cawapres yang paling kuat untuk mendampingi Prabowo."Yang beliau (Prabowo) sebutkan cuma ada mengerucut tinggal dua nama kayaknya. Tapi tidak spesifik disebutkan (oleh Prabowo) namanya," kata Gus Kautsar usai silaturahmi dengan Prabowo di Hotel Shangri-la Surabaya, dilansir detikJatim, Kamis (28/9).

Awak media menyebutkan secara lebih spesifik terkait nama cawapres Prabowo yang salah satunya adalah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Gus Kautsar menyebut tidak ada spesifik nama.Meski begitu, Gus Kautsar menyebut dalam kesempatan itu Prabowo menyampaikan salah satu cawapres yang dipertimbangkan yakni Khofifah Indar Parawansa. Namun, penunjukan Khofifah menunggu restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)."Ya beliau (Prabowo) jelaskan salah satu nama dari beberapa calon wakil presiden yang akan beliau ajak adalah itu (Khofifah), tapi pasti akan menunggu restu dari Pak Jokowi dan para kiai nanti," ujarnya.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar