Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dua Formasi yang Dibentuk Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia Bersua Brunei

Kolase - Timnas Indonesia road to Piala Asia 2023

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki sejumlah opsi formasi yang bisa dibentuk saat menghadapi Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.Beberapa alternatif formasi ini bisa digunakan Shin Tae-yong tergantung dengan kebutuhan. Apalagi, ada banyak opsi pemain yang bisa diramu juru taktik Timnas Indonesia itu setelah menentukan 25 pemain pilihannya.Nama-nama pemain yang dipanggil sebetulnya tak jauh berbeda dari sebelumnya. 

Sebagian besar sudah sering bolak-balik memperkuat tim Merah Putih, sehingga tak butuh waktu lama untuk memahami taktik pelatih asal Korea Selatan itu.Apabila mempertimbangkan skema yang akan digunakan Shin Tae-yong, memang ada beberapa opsi yang bisa dibentuk. Apalagi, skema-skema ini sudah beberapa kali membuahkan hasil yang positif.Bukan tak mungkin, STY akan menggunakan formasi ini saat Timnas Indonesia menghadapi Brunei Darussalam dalam dua laga yang berlangsung pada 12 dan 17 Oktober 2023 itu. Berikut ini Bola.com menyajikan ulasannya.

Formasi pertama yang bisa dibentuk Shin Tae-yong untuk menghadapi Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ialah 3-4-3. Skema ini juga digunakan saat Timnas Indonesia menghadapi Turkmenistan pada FIFA Matchday terakhir.Apabila melihat komposisi pemain yang ada, skema ini memang cukup menjanjikan. Sebab, skuad Merah Putih bisa menurunkan format tiga bek sejajar untuk menguatkan sektor pertahanan.Di bawah mistar gawang, salah satu opsinya ialah Ernando Ari. Dia bakal ditemani tiga bek tangguh, yakni Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott. Ketiganya sudah sempat berkolaborasi, tepatnya pada laga melawan Argentina.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam akan bertugas menjadi wingback kanan, sedangkan Pratama Arhan beroperasi di sektor kiri. Keduanya sama-sama punya kemampuan ofensif dan defensif yang seimbang.Adapun lini tengah akan mengandalkan duet Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Lalu, tiga pemain yang beroperasi di lini serang ialah Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, dan Rafael Struick.Ketiga pemain ini sempat memperlihatkan kolaborasi yang ciamik ketika membantu Timnas Indonesia U-23 lolos dari fase Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada September lalu.Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Rafael Struick.

Selanjutnya, formasi kedua yang bisa diramu Shin Tae-yong apabila ingin menguatkan aspek ofensif Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei Darussalam ialah 4-3-3 atau variasinya 4-2-3-1.Dalam beberapa momen, juru taktik asal Korea Selatan itu sudah sering memanfaatkan skema ini. Formasi 4-3-3 memang menjadi alternatif terbaik jika skuad Garuda menghadapi lawan yang kekuatannya lebih lemah.Untuk sektor pertahanan, salah satu duet yang bisa digunakan Timnas Indonesia ialah memasang Rizky Ridho dan Jordi Amat. Mereka ditemani Asnawi Mangkualam sebagai bek kanan, dan Pratama Arhan di pos bek kiri.

Sementara itu, kombinasi tiga pemain yang bisa digunakan Shin Tae-yong untuk mengisi lini tengah ialah Marc Klok, Arkhan Fikri, dan Marselino Ferdinan. Klok akan menemani dua juniornya yang punya fleksibilitas tinggi.Saddil Ramdani menjadi alternatif untuk mengisi sayap kanan, sedangkan di wilayah kiri bisa dihuni Rafael Struick. Keduanya punya tugas khusus untuk menyediakan suplai bola matang untuk Ramadhan Sananta yang jadi juru gedor utama skuad Garuda.Timnas Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Jordi Amat, Pratama Arhan; Marc Klok, Arkhan Fikri, Marselino Ferdinan; Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Rafael Struick.(Net/Hen)


Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia


12 Oktober 2023

Timnas Indonesia Vs Timnas Brunei Darussalam

17 Oktober 2023

Timnas Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar