Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ini Prediksi Starting XI Timnas Indonesia Saat Hadapi Brunei 12 Oktober 2023

Pemain Timnas Indonesia foto bersama

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)--Timnas Indonesia akan kembali berlaga di lapangan hijau. Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- akan menghadapi Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.Indonesia akan berhadapan dengan Brunei dalam dua kesempatan. Laga pertama akan dihelat pada 12 Oktober di Jakarta. Sementara, laga kedua akan dihelat lima hari berselang, di Brunei.Dalam kesempatan ini, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 25 pemain. Selain pemain-pemain yang merumput di kompetisi lokal, ia juga memanggil pemain-pemain abroad.

Namun, pada laga kontra Brunei, pelatih asal Korea Selatan tersebut tak bisa memanggil Ivar Jenner. Gelandang berusia 19 tahun ini mengalami cedera kala memperkuat klubnya.Selain Jenner, pada laga ini, STY, sapaan karib Shin Tae-yong, juga harus kehilangan Jordi Amat dan Yance Sayuri. Dua pemain ini juga harus absen karena belum pulih dari cedera.Sebagai ganti dua pemain tersebut, STY memanggil tiga nama baru. Ketiga pemain baru ini adalah Fachruddin Aryanto, Dzaky Asraf, dan Hokky Caraka.Bagaimana prediksi starting XI Timnas Indonesia kala menghadapi Brunei dengan nama-nama baru tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Di bawah mistar gawang Indonesia, Shin Tae-yong kemungkinan besar masih akan mempercayai Nadeo Argawinata. Kiper Borneo FC ini menunjukkan penampilan cukup bagus ketika terakhir kali berseragam Merah Putih, pada laga kontra Turkmenistan, beberapa waktu lalu.Dalam laga tersebut, Nadeo membuat sejumlah kesalahan, terutama ketika melakukan build up play. Hal ini membuatnya disamakan dengan eks kiper Manchester United, David De Gea.Namun, di sisi lain, ia mencatatkan sejumlah penyelamatan gemilang. Berkat penampilan cemerlangnya, gawang Skuad Garuda tak kebobolan pada laga tersebut.


Absennya Amat membuka peluang bagi Fachruddin untuk kembali menjadi andalan di lini belakang. Pemain berusia 34 tahun ini bisa menjadi komandan di benteng pertahanan Skuad Garuda. Dengan formasi tiga bek tengah, dua posisi lain bisa jadi diisi Sandy Walsh dan Elkan Baggott.Selain Fachruddin, Skuad Garuda masih memiliki nama lain untuk mengisi posisi Amat. Sosok tersebut adalah Rizky Ridho. Kendati masih belia, Rizky Ridho memiliki kemampuan bertahan dan kepemimpinan yang sangat bagus.Formasi tiga bek tengah ini sudah pernah dijajal oleh Shin Tae-yong. Terakhir, ia menerapkan formasi yang kembali ngetren di sepak bola dunia ini pada laga kontra Turkmenistan lalu.

Sementara, untuk mengisi sektor bek sayap, Shin Tae Yong kemungkinan besar akan memasang Asnawi Mangkualam di kanan. Namun, jika Fachruddin bermain, Asnawi akan kehilangan ban kapten. Bisa jadi, Fachruddin akan kembali jadi kapten Skuad Garuda.Sementara, di kiri, absennya Yance Sayuri tak akan terlalu banyak berpengaruh. Skuad Garuda masih memiliki Pratama Arhan untuk mendominasi sektor lebar lapangan.Baik Asnawi maupun Arhan sama-sama memiliki kelebihan. Tak hanya piawai bertahan, dua pemain ini sama-sama agresif dalam mengoyak pertahanan lawan.

Di lini tengah, absennya Ivar Jenner juga tak akan terlalu sulit diantisipasi Shin Tae-yong. Masih ada sejumlah pemain lain yang bisa menjalankan peran, yang biasa diperankan Jenner dengan sama baiknya.Sebagai gelandang bertahan Timnas Indonesia, kemungkinan besar Shin Tae-yong akan memilih Rachmat Irianto. Rian, sapaan karib Irianto, walau berposisi natural sebagai bek tengah, sudah sering dimainkan di posisi tersebut. Selain mengalirkan bola, penggawa Persib Bandung ini juga bisa menjadi tambahan pemain bertahan kala menghadapi serangan lawan.

Sebagai partner Rian, ada nama Ricky Kambuaya. Dengan daya jelajah tinggi, penggawa Dewa United ini diharapkan bisa mendominasi lapangan tengah.Nama terakhir di lini tengah adalah Marselino Ferdinan. Sama seperti Kambuaya, Si Anak Ajaib juga diharapkan menjaga dominasi Indonesia di lapangan tengah. Selain membuka ruang dan mengalirkan bola ke lini depan, ia juga bisa melepas tembakan jarak jauh untuk membongkar pertahanan lawan.Di lini depan, Shin Tae-yong kemungkinan akan menurunkan duet Rafael Struick dan Ramadhan Sananta. Dua pemain berbeda tipe ini diharapkan bisa saling melengkapi sebagai ujung tombak Skuad Garuda.

Struick memiliki kecepatan dan kepintaran dalam membuka ruang. Pergerakannya bisa memecah fokus lini pertahanan Brunei dan memberi kesempatan kepada Sananta untuk merangsek.Sementara itu, sebagai sosok target man, STY kemungkinan memilih Ramadan Sananta. Pemain Persis Solo ini disebut sebagai pemain nomor sembilan masa depan Indonesia.Pada kesempatan ini, Timnas Indonesia juga memanggil Dimas Drajad. Namun, dengan visi STY membangun fondasi Timnas Indonesia untuk masa depan, bisa jadi ia justru akan memasang Sananta atau Hokky Caraka. Sementara, Dimas Drajad diperankan sebagai pelapis dan mentor bagi dua pemain juniornya tersebut.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar