BRI Liga 1

Gantikan Marian Mihail, PSS Sleman Tunjuk Eks Pemain Napoli

Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail.

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- PSS Sleman resmi berpisah dengan sang pelatih, Marian Mihail. Kabar ini diumumkan klub berjulukan Super Elang Jawa itu lewat Instagram resmi klub pada Senin (9/10/2023) malam WIB.Sebagai gantinya, PSS Sleman menunjuk asisten pelatih, Bertrand Crasson, untuk menakhodai Kim Kurniawan dkk. Presiden Direktur PT Putra Sleman Sembada (PSS), Gusti Randa, menjelaskan alasan penunjukan tersebut."Penunjukan Crasson juga terkait dengan target ke depan untuk dapat tembus menjadi tim papan atas dan pak Marian juga ingin istirahat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga" ujar Gusti Randa di Omah PSS, Sleman, Senin (9/10/2023) siang WIB.

"Coach Crasson secara kepelatihan memiliki lisensi UEFA Pro dan memenuhi syarat untuk jadi pelatih kepala PSS Sleman. Crasson mempunyai pengalaman internasional, baik sebagai pemain dan pelatih," sambungnya.Bertrand Crasson adalah mantan pemain Timnas Belgia. Dia juga pernah bermain untuk klub Italia, Napoli. Sementara itu, selama menjadi pelatih, Crasson sempat membesut klub divisi utama Thailand, Rachatburi dan Inter Pattaya."Saya sudah bicara langsung dengan Crasson tentang target dari PSS Sleman. Ia berkomitmen untuk memberikan kemampuan terbaiknya," kata Gusti Randa."Manajemen berharap Crasson melanjutkan disiplin yang di tanamkan coach Mihail dan melanjutkan peningkatan prestasi PSS Sleman," tambah dia.


Meski begitu, Marian Mihail tak sepenuhnya meninggalkan Bumi Sembada. Arsitek asal Rumania itu akan mendapatkan tugas baru ke depannya. Manajemen PSS Sleman mempertimbangkan Mihail menempati posisi Direktur Teknis."Selanjutnya Marian Mihail dipertimbangkan untuk menempati posisi baru sebagai Direktur Teknis," ucap Gusti Randa."Marian menurut saya adalah pelatih yang mempunyai karakter dan disiplin kuat dan telah membentuk karakter dan disiplin para pemain PSS Sleman," lanjutnya.Tidak hanya itu, manajemen PSS Sleman terus berkomitmen untuk meningkatkan pembinaan akademi yang saat ini memiliki empat tim yaitu PSS U-13, U-16, U-18 dan U-20."Pembinaan Football Academy PSS Sleman mesti dilakukan secara terarah dan terkonsep. Idealnya, mayoritas pemain senior PSS Sleman datang dari Football Academy Sleman," tandas Gusti Randa.


Marian Mihail memang berniat mundur dari jabatannya jelang pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024. Keinginan itu ia sampaikan dalam konferensi pers jelang laga kontra Madura United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (23/9/2023).Saat itu, pelatih berlisensi UEFA Pro itu mengungkapkan alasan utama menyudahi kerja sama dengan PSS lantaran merasa tak mendapat dukungan dari Sleman fans. Fans disebut tidak suka dengan caranya melatih."Saya tak mau menjadi bagian dari situasi tidak baik dari fans, karena mereka tak pernah mendukung saya. Tidak menerima cara saya melatih," terangnya.

"Ini sebabnya di mana saya bekerja saya selalu bahagia dan berusaha menunjukkan yang terbaik dengan seluruh hati saya," tutur Marian Mihail.Di bawah asuhan pelatih asal Rumania tersebut, PSS Sleman meraih empat kemenangan, enam hasil imbang, dan menelan lima kekalahan dari 15 laga yang sudah dijalani di BRI Liga 1 musim ini.Hasil tersebut membuat PSS kini berada di peringkat 14 klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 18. Mereka hanya unggul lima poin atas Arema FC yang menempati peringkat 16, atau batas akhir zona merah.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar