Kualifikasi EURO 2024

Spanyol Tundukkan Skotlandia 2-0

Duel antara gelandang Skotlandia, Scott McTominay (kiri) menghadapi gelandang Spanyol, Gavi pada matchday 7 Grup A Kualifikasi Euro 2024, Jumat (13/10/2023) WIB.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Spanyol sukses mencoreng catatan bersih Timnas Skotlandia pada matchday 7 Grup A Kualifikasi EURO 2024. Spanyol menang 2-0 di Estadio Olimpico de Sevilla, Jumat (13/10/2023) WIB.Dua gol kemenangan  Spanyol itu dicetak oleh Alvaro Morata di menit ke-73. Oihan Sancet menggandakan keunggulan La Furia Roja di menit ke-86.Sebelumnya, Skotlandia sempat unggul terlebih dahulu di menit ke-60 lewat tendangan bebas indah dari Scott McTominay. Gol  
ini sayangnya dianulir VAR.Dengan kemenangan ini, Spanyol membuntuti Skotlandia di peringkat ke-2 dengan 12 poin dari lima laga. Skotlandia tetap berada di puncak dengan torehan 15 poin dari enam laga.

Spanyol nyaris unggul cepat saat laga baru memasuki menit ke-2. Umpan terobosan Morata diterima dengan baik oleh Ferran Torres, tetapi tendangannya dari situasi satu lawan satu malah melenceng.Publik tuan rumah sempat bergemuruh di menit ke-38.  Morata sukses menyambar umpan silang dari Dani Carvajal, tetapi tidak lama kemudian dianulir karena dirinya terjebak offside.Dua peluang Spanyol gagal dibalas sama sekali oleh Skotlandia. Tartan Army hanya bisa bertahan dengan blok rendah, sembari  melihat pemain Spanyol menguasai bola hingga 77,4 persen.Di tengah upaya bertahan dan kebutuhan menyerang balik, bencana menghampiri Skotlandia. Bek kiri terbaik mereka, Andrew Robertson ditarik keluar di menit ke-44 karena cedera.

Skotlandia membuat publik seisi stadion terhenyak. McTominay mengeksekusi tendangan bebas langsung dari sudut sempit. Bola masuk dan skor sempat berubah di menit ke-60.Sialnya tidak lama kemudian, skor tersebut direvisi. VAR menganulir gol  McTominay karena saat prosesnya ada seorang pemain Skotlandia yang mengganggu pandangan kiper Spanyol, dan dirinya dalam posisi offside.Skotlandia agak terguncang dengan kejadian tersebut. Pertahanan mereka terbuka dengan mudah, sampai  
akhirnya dibobol di menit ke-73.

Pergerakan Jesus Navas terlalu leluasa di sayap kanan. Dia bisa menunggu rekannya naik, lalu melepas umpan silang. Morata yang datang terlambat tidak dikawal sama sekali, sehingga mudah menyundul bola masuk ke gawang.Joselu nyaris menggandakan  keunggulan Spanyol di menit ke-85. Saat orang-orang yakin tendangannya akan masuk, seorang pemain Skotlandia dengan cepat membloknya.Gol kedua Spanyol pada akhirnya tercipta juga di menit ke-86. Blunder Aaron Hickey membuat posisi kiri  
Skotlandia kosong dan Joselu mudah merangsek masuk. Ia lalu melepas umpan yang diselesaikan dengan baik oleh Sancet. Gol di laga debutnya.(Net/Hen)

Susunan Pemain

SPANYOL (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Alejandro Balde; Mikel Merino, Rodri, Gavi; Mikel Oyarzabal, Alvaro Morata, Ferran Torres.
Pelatih: Luis de la Fuente

SKOTLANDIA (3-4-2-1): Angus Gunn; Ryan Porteous, Jack Hendry, Scott McKenna; Aaron Hickey, Ryan Christie, Callum McGregor, Andy Robertson; John McGinn, Scott McTominay; Lyndon Dykes.
Pelatih: Steve Clarke


Berita Lainnya...

Tulis Komentar