Gavi jadi Penyelamat

Kalahkan Norwegia 1-0, Spanyol Lolos ke EURO 2024

Penyerang sayap Spanyol, Ferran Torres mencoba menghentikan umpan silang dari bek kiri Norwegia, Birger Meling pada matchday 8 Grup A Kualifikasi EURO 2024, Senin (16/10/2023) WIB.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Spanyol memastikan tiket ke putaran final EURO 2024. Kepastian ini diperoleh usai Spanyol mengalahkan Norwegia 1-0 di Ullevall Stadion, Senin (16/10/2023) WIB, pada matchday 8 Kualifikasi EURO 2024.Spanyol cukup dibuat kesulitan oleh tim tuan rumah yang tidak mau malu di depan pendukungnya. Gol yng ditunggu-tunggu Spanyol baru hadir di babak kedua.Gavi menjadi pahlawan dan penyelamat Spanyol. Golnya di menit ke-49 jadi gol semata wayang yang tercipta di laga ini yang berdampak besar bagi La Furia Roja.Spanyol mendapatkan poin yang sama seperti Skotlandia, 15 poin dari enam laga. Keduanya dipastikan sudah lolos dari Grup A, tinggal mencari juara grupnya. Sedangkan Norwegia tertahan di peringkat ke-3 dengan sepuluh poin dari tujuh laga.

Tidak banyak peluang tercipta sepanjang 45 menit pertama. Spanyol hanya mencatatkan tujuh tembakan, sedangkan Norwegia hanya dua tembakan.Spanyol sendiri sempat mencetak gol di menit ke-20. Umpan silang Dani Carvajal disambut dengan sundulan telak Alvaro Morata ke gawang Norwegia.Tidak lama setelah itu, VAR meninjau gol tersebut lagi. Hasilnya, gol dianulir. Morata sebelumnya berada di posisi offside saat fase bangun serangan.Peluang terbaik Spanyol lainnya datang di menit ke-28. Kali ini giliran Carvajal yang melepas tembakan keras. Bolanya terlalu keras mengincar pojok atas, sehingga melambung dari sasaran.

Spanyol kembali mencetak gol tidak lama setelah babak kedua dimulai. Di menit ke-49, Gavi sukses menggetarkan jala gawang tuan rumah.Awalnya dua tembakan Spanyol dari Ferran Torres dan Mikel Oyarzabal diblok oleh pemain Norwegia. Sampai kemudian bola tiba di kaki Gavi dan dieksekusi dengan tendangan keras.VAR langsung meninjau ulang gol tersebut karena ada potensi offside. Setelah kurang lebih lima menit pengecekan, gol tidak dianulir dan Spanyol unggul 1-0.Gol pertama tidak langsung mengubah jalannya pertandingan. Norwegia masih kesulitan untuk mencari cara mencuri gol hiburan dari gawang tim tamu.Gawang Norwegia bahkan nyaris kebobolan lagi di menit ke-85. Andaikan bukan karena sapuan Ostigard di garis gawang, tendangan Morata bisa berakhir di dalam gawang Norwegia untuk kali kedua.(Net/Hen)

 

Susunan Pemain
NORWEGIA (4-2-3-1): Orjan Nyland; Julian Ryerson, Stefan Strandberg, Leo Ostigard, Birger Meling; Patrick Berg, Sander Berge; Oscar Bobb, Martin Odegaard, Fredrik Aursnes; Erling Haaland.
Pelatih: Stale Solbakken

SPANYOL (4-3-3): Unai Simon; Daniel Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Fran Garcia; Gavi, Rodri, Fabian Ruiz; Ferran Torres, Alvaro Morata, Ansu Fati.
Pelatih: Luis de la Fuente


Berita Lainnya...

Tulis Komentar