Kepala Sekolah SMAN 5 Merasa Bangga

Wagubri sebut Festival Pelajar Nusantara Ciptakan Generasi Muda yang Berkualitas

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution didampingi Kepala Sekolah SMAN 5 Hj Elmi Gurita foto bersama

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Kegiatan Festival Pelajar Nusantara Tahun 2023 yang diselenggarakan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Pekanbaru mendapat pujian dari Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution. Dimana kegiatan ini  dipusatkan di SMA Negeri 5 Kota Pekanbaru, Jalan Bawal, Kecamatan Marpoyan Damai, Rabu (25/10/2023) berjalan dengan aman dan lancar.Acara tersebut menjadi wadah yang sangat efektif untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat generasi muda, yang semuanya memiliki  semangat kebangsaan yang mendalam.

Dalam kesempayan itu Edy Natar mengatakan, bahwa festival ini tidak hanya sekedar ajang hiburan, namun juga merupakan upaya nyata membentuk karakter bangsa dengan mengembangkan potensi dan bakat siswa.''Kami sangat berterimakasih kepada  LPP RRI atas dedikasinya dalam membantu siswa menggali dan menampilkan bakatnya di berbagai bidang, termasuk kreativitas seni dan budaya,'' sebut Edy.Wakil Gubernur Riau juga mengimbau siswa dan siswi untuk memanfaatkan kesempatan ini.  
Menurutnya, pengalaman dan keterampilan yang diperoleh pada acara ini akan membantu menciptakan generasi muda yang produktif dan berkualitas.Apalagi, mengingat pemilu serentak akan digelar tahun depan. Lanjutnya, partisipasi siswa dinilai sangat penting. Ia menambahkan, pada pemilu mendatang, pemilih pemula diperkirakan akan mencapai lebih dari 50 persen dari total 205 juta pemilih."Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh siswa untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Ini bukan hanya hak, tapi juga tanggungjawab kita untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia dan Riau,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menyoroti pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Ia mewanti-wanti pelajar di SMA Negeri 5 itu agar tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang belum jelas kebenarannya, apalagi di era media sosial yang penuh dengan  informasi palsu.''Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara harus tetap kita junjung tinggi dan menganggap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai harga mati. Dengan tujuan yang sama yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi  
seluruh rakyat Indonesia,'' terangnya.

Sambung Edy, bahwa Festival Pelajar Nusantara 2023 tidak hanya menjadi ajang hiburan, namun juga menjadi panggung generasi muda Indonesia untuk menampilkan potensi dan kemampuannya.Dengan dorongan dan dukungan penuh dari pemerintah,  diharapkan acara seperti ini terus menjadi sarana untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia di masa depan.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Pekanbaru Ida Ayu Evi Handayani mengatakan, Festival Pelajar Nusantara bertujuan mengangkat prestasi pelajar. "RRI mewadahi kegiatan tersebut, agar kita punya komunitas anak muda di Pro 2 RRI, bidikannya generasi  muda. Diharapkan nantinya dengan festival nusantara ini, akan ada program untuk kegiatan ini, jadi berkelanjutan kedepannya,'' ujarnya.  Dipilihnya SMA Negeri 5 Pekanbaru sebagai pusat kegiatan tahun ini, dikatakan Ida Ayu karena SMA 5 merupakan  
sekolah dengan prestasi non akademik yang luar biasa. Adapun rentetan rangkaian festival pelajar nusantara telah dimulai dengan beragam perlombaan vlog, festival akustik pelajar dan semarak UMKM.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 5 Pekanbaru Hj Elmi Gurita mengaku bangga sekolah yang ia pimpin dipilih sebagai pusat kegiatan festival pelajar nusantara tahun 2023 ini. ''Ya dipilihnya sekolah kita untuk menyelengarakan festival ini merupakan suatu  kebanggaan dan kehormatan. Dan kita ada pembelajaran P5, yaitu pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila dan itulah yang kita tampilkan disini,'' tuturnya.

Lanjut Elmi, bahwa asar RRI menunjuk kita untuk melaksanakan kegiatan festival pelajar nusantara ini tentu mereka melihat dari kegiatan yang lalu dimana kita pernah menjadi peserta festival pelajar nusantara dan kita mendapatkan nilai terbaik dan keluar sebagai juara umum secara keseluruhan. ''Dalam menyukseskan kegiatan ini kami terus melakukan kolaborasi dengan tim dan terus memberikan edukasi kepada siswa sehingga pada pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses. Dimana di pelaksanaan festival pelajar nusantara kali ini kita kemas dengan baik, sehingga kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi siswa menampilkan kreativitas sesuai minat dan bakatnya,'' terang Elmi.  Adapun kegiatan yang kita tampilkan pada kali ini seperti seni musik tradisional,Tari kreatif,Tari Kreasi, Seni Budaya dan kita juga menampilkan adat setiap provinsi yang ada di indonesia ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar